Kejari Dompu Musnahkan BB Tindak Pidana yang Diinkrachtkan

Iklan Semua Halaman

.

Kejari Dompu Musnahkan BB Tindak Pidana yang Diinkrachtkan

Kamis, 16 Juli 2020
Pemusnahan barang bukti sedang berlangsung. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu lakukan pemusnahan barang bukti (BB) dan barang rampasan tindak pidana yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap yang telah diinkrachtkan pengadilan, Kamis (16/7/2020) siang.

Turut hadir pada kesempatan ini, Kapolres AKBP Syarif Hidayat, SH, SIK, Dandim 1614 Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom, Ketua Pengadilan Negeri Dompu, Mukhlasudin, Kasi Intel Kejari Indra Zulkarnain, SH dan Kasat Intelkam IPTU Makrus, S.Sos.

Kemudian, Staf Ahli Bupati Dompu Drs. Burhan, M.Si, Kabag Humas Setda Dompu Muhammad Ikhsan, S.ST, MM, PLt Kepala Dinas Kesehatan Maman, S.Km, Kepala Dinas Sosial H Tajudin, SH, Sekretariat BNK Dompu, H. Zulkifli Lubis, S.Sos dan Ketua FKUB Drs. Dahlan Har.

Adapun BB yang dimusnahkan antara lain, narkotika jenis sabu-sabu seberat 188,95 gram, ekstasi 18 butir, ganja 4 kilo gram, senjata api rakitan 14 buah, senjata tajam 20 buah, peluru atau amunisi 5 butir dan Handphone 16 unit.

Kepala Kejari Dompu M. Abeto H, SH, MH kepada Berita11.com mengatakan, pemusnahan BB yang merupakan terakumulasi beberapa perkara-perkara dibeberapa tindak pidana yang sudah berjalan beberapa tahun ini, bahkan yang terbaru juga.
Sejumlah BB yang bakal dimusnahkan. Foto Poris Berita11.com 

"Hari ini kami memusnahkan bukan hanya barang bukti yang sudah disidangkan sekarang maupun kemarin, tetapi barang bukti di tahun-tahun yang lalu juga," kata Kepala Kejari Dompu.

Menurut Abeto, penanganan kasus, butuh tahapan proses yang harus dilalui, sehingga ketika diputuskan pengadilan tidak langsung dieksekusi untuk dimusnahkan, tentu butuh tahapan demi tahapan, sambil menunggu perkara itu apakah mengambil upaya hukum, baik banding atau kasasi.

"Ketika semuanya memiliki kekuatan tetap barulah kita eksekusi seperti sekarang ini," jelasnya.

Sebelumnya, Abeto saat menyampaikan sambutan, pihaknya berterima kasih terhadap tamu undangan yang sudah sempatkan hadir dalam pemusnahan tersebut. Pada kesempatan itu juga, Abeto berharap terhadap berbagai pihak untuk bekerja sama dalam menyikapi kondusifitas Dompu. 

"Kerjasama kita sangat diperlukan dalam membrantas kejahatan baik dari Polri, Pengadilan, Kodim 1614 Dompu dan kita semua masyarakat Dompu agar Dompu selalu kondusif dan aman," pintanya. [B-10]