Pastikan Kondusif Jelang Pilkada, Kapolres dan Dandim 1614 Dompu Kunjungi Ketua Partai

Iklan Semua Halaman

.

Pastikan Kondusif Jelang Pilkada, Kapolres dan Dandim 1614 Dompu Kunjungi Ketua Partai

Sabtu, 18 Juli 2020
Saat berkunjung di kantor sekretariat DPC Nasdem di jalan lintas lele Lingkungan Swete Kelurahan Bali

Dompu, Berita11.com - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020, Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK dan Dandim 1614 Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom berkunjung ke Ketua partai yakni Ketua partai Nasdem dan ketua partai Gerindra.

Kujungan yang dikemas dalam acara silaturahmi ini dilakukan untuk menjaga sinergitas sekaligus untuk memastikan situasi kondusifitas pada tahapan Pilkada yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Silaturahmi pertama dilakukan Kapolres Dompu bersama Dandim 1614 kepada Ketua DPC Partai Nasdem Suryanto Taufik atau yang akrab disapa Baba Liang di sekretariat DPC Nasdem jalan lintas lele Lingkungan Swete Kelurahan Bali Kecamatan Dompu, Senin (13/7) lalu.

Kemudian, pada selasa (14/7) Kapolres Dompu melanjutkan kunjungan silaturahmi ke Ketua Partai Gerindra yang bertempat di kantor sekretariat Gerindra di Desa Mangge Asi, pada kesempatan ini Kapolres bersama Kasat Intelkam disambut Ketua Partai Gerindra Kurnia Ramadhan SE.

Pada setiap kunjungan silaturahmi selalu berharap dan menyampaikan pesan siapapun yang menjadi bakal calon Bupati Dompu dapat mengikuti aturan yang berlaku. 

Kapolres juga meminta tim sukses bakal calon untuk tetap menjaga hubungan baik dengan tim sukses lain sehingga tercipta Kamtibmas yang kondusif.

"Penggunaan medsos juga harus hati-hati, jangan disalah gunakan untuk mengejek dan memposting sesuatu yang memuat unsur SARA," katanya. 

Penggunaan media sosial ini, tambahnya, akan berdampak buruk pada dunia nyata, serta membuat kontroversi sosial.

Kapolres juga mengingatkan pihak penyelenggara Pilkada dalam hal ini KPU akan membatasi kegiatan yang mengarah pada berkumpulnya masyarakat di satu lokasi.

Untuk menghindari terjadinya permasalahan di saat pencoblosan, Kapolres berharap KPU merekrut saksi yang benar-benar bertanggung jawab.

Prediksi dari Intelkam Mabes Polri, bahwa Dompu adalah salah satu  daerah rawan berkaitan dengan Pilkada. Namun Kapolres akan berusaha untuk mengamankan tahapan pilkada hingga selesai.

"Kami berharap kepada semua elemen agar pada tahapan Pilkada tahun ini berjalan baik, aman dan kondusif," tuturnya. 

Sementara di waktu yang sama Dandim 1614 Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom juga meminta kepada partai politik dan tim suksesnya untuk mengajarkan politik yang santun kepada masyarakat Dompu. 

"Dompu dinyatakan sebagai wilayah zona merah tetapi hal itu bisa dijawab dengan situasi keamanan yang berjalan baik dan kondusif," tegasnya.
Saat di Kantor DPC Gerindra.

Sekretaris Partai Nasdem Kabupaten Dompu, Sahlan, menerima kedatangan Kapolres dan Dandim dengan ucapan terimalasih. 

Pihaknya berharap tahapan Pilkada tahun ini berjalan dengan baik, aman dan lancar. Ia akan menghimbau tim sukses untuk sama-sama menjaga situasi keamanan pada Pilkada 2020.

Ketua Komisi I DPRD Dompu, Ir Mutakun juga ikut memberikam dukungan agar Pilkada dapat terlaksana dengan baik. Ia bahkan menggunakan sosial media untuk menggerakan hati masyarakat agar membentu pihak keamanan di semua bidang permasalahan sosial.

"Kami siap mendukung dan membatu aparat untuk mengimbau masyarakat tentang keamanan, mari kita berantas kasus-kasus yang mengganggu lancarnya Pilkada," terangnya.

Di lokasi ke dua, Kapolres  bersilaturahmi ke Sekretariat Partai Gerindra di Desa Mangge Asi Kecamatan Dompu, dan diterima langsung oleh Ketua DPC Gerindra, Kurnia Ramadhan SE. 

Dalam silaturahmi tersebut Kapolres memberikan pemahaman terkait Pilkada 2020 dan mengajak tim sukses bakal calon Bupati untuk sama-sama mensukseskan Pilkada. 

Sementara itu, Ketua Gerindra, Kurniawan Ramadhan SE menanggapi apa yang disampaikan Kapolres dan Dandim 1614 Dompu. Ia berharap dengan adanya silaturahmi ini hubungan aparat dan Partai Politik tetap solid dalam lintas koordinasi.

"Kami pun menginginkan masukan dari pihak Polri dan TNI terkait Pilkada ini," katanya.

Dijelaskan Kurniawan, pihaknya sering mengundang bakal calon Bupati agar selalu mengatur tim nya sehingga terciptanya Dompu yang kondusif.

Hadir juga dalam acara, Anggota DPRD Dompu Komisi III M. Iksan S.Sos, Anggota DPRD Dompu, Pahlawan Indra Jaya SE, Kanit 1 Sat Intelkam Polres Dompu Aipda Mahdin dan pengurus partai Nasdem.

Sementara di lokasi kedua hadir Kasat Intelkam Iptu Markus S.Sos, Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Abdurahman, Sekretaris DPC Gerindra Burhan Umar S.Sos, anggota DPRD Dompu Fraksi Partai Gerindra Syafruddin SP. [B-10]