Pembagian BLT Tahap III Desa Lepadi Berlangsung Transparan

Iklan Semua Halaman

.

Pembagian BLT Tahap III Desa Lepadi Berlangsung Transparan

Jumat, 03 Juli 2020
Saat penyaluran BLT di Desa Lepadi. Foto Godam Berita11.com

Dompu, Berita11.com - Kepala Desa (Kades) Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Sudirman Ahmad menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap III tahun anggaran 2020.

Penyaluran BLT kepada warga yang terdampak Covid-19 dilakukan secara transparansi dan giat berlangsung di aula desa setempat, Jumat (3/7), dimulai sekira pukul 08.30 Wita hingga selesai.

Penyaluran BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dihadiri Kanit Intelkam, Bripka Fahrudiansyah, S.Sos, Bhabinkamtibmas AIPDA Muhammad Erwin Rosadi, S.Sos dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa Syarifudin, S.IP.

Kades Lepadi Sudirman Ahmad kepada Berita11.com menyatakan, awalnya telah dilangsungkan penyaluran sebanyak dua kali dan sekarang untuk tahap III dan sekaligus terakhir kalinya warga mendapat BLT DD. 

"Bantuan tahap pertama hingga tahap ketiga sebanyak 147 KK (Kepala Keluarga) bantuan sebesar Rp600.000 per KK," jelas Kades Sudirman.

Sudirman menjelaskan, bantuan khusus tahap ketiga, baru BLT yang sudah tersalurkan, sedangkan bantuan-bantuan lain seperti Jaminan Pengaman Sosial (JPS) Gemilang, JPS Terpijar, Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Non PKH baru sampai tahap kedua.

"Bantuan-bantuan yang lain, desa hanya validasi data yang turun dari Dinas Sosial dan tahap ketiga itu tergantung Dinas Sosial yang mengakomodir, baru bantuan BLT ini yang tahap ketiga, sementara bantuan lain baru tahap kedua," beber Kades. 

Pendataan warga penerima manfaat dilibatkan semua pihak, termasuk Bhabinkamtibmas dan Babinsa maupun BPD desa setempat, dan saat dilakukan pendataan, kata Kades, dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh desa itu sendiri.

"Saat dilakukan pendataan kita libatkan semua pihak, dan kami juga sudah membuat tim sebanyak 45 orang termasuk beberapa orang Kadus, supaya mengklarifikasi data yang valid atau warga yang benar-benar menerima manfaat," beber Kades.  

Sudirman mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama serta mengawal jalannya program desa yang dia pimpin agar tidak muncul kecemburuan sosial di tengah-tengah warga.

"Saya mengajak seluruh lapisan  masyarakat, mari kita bekerja sama, supaya tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan yang muncul di tengah-tengah masyarakat demi lancarnya program desa maupun pembagian bantuan di desa," isyarat Sudirman. [B-10/Godam]