Potensi Kebakaran saat Musim Kering Tinggi, BPBD Ingatkan Masyarakat Waspada -->

Iklan Semua Halaman

.

Potensi Kebakaran saat Musim Kering Tinggi, BPBD Ingatkan Masyarakat Waspada

Thursday, July 23, 2020
Peta Potensi Kebakaran di Kabupaten Bima. Foto B-11/ Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima mengingatkan masyarkaat untuk waspada terhadap potensi kebakaran pada musim kering dan angin kencang.

Kasubid Penanganan Darurat Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Bambang Hermawan S.Kom MM mengingatkan masyarakat agar menghindari membakar sampah di sekitar rumah. Karena hal itu umumnya memicu kebakaran.

“Potensi bencana lain, kebakaran rumah karena human eror. Mereka (warga) bakar sampah saat angin kencang. Mohon masyarkat kalau ada sampah jangan dibakar. Sebaiknya digeser ddulu kalaupun terpaksa membakar sampah dan jaga instalasi listrik. Lapor jika ada kendala,” imbaunya di BPBD Kabupaten Bima, Rabu (22/7/2020).

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Bima, Indra Nurjaya SH mengatakan, secara umum BPBD telah siap dengan segala potensi bencana dengan memaksimalkan Tupoksi OPD setempat dan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Sosial, BMKG, jajaran TNI-Polri.

Disebutkannya, saat ini mobil pemadam kebakaran yang dimiliki BPBD setempat memang tinggal satu unit. Sebelumnya, satu mobil telah dikerahkan untuk Kecamatan Parado. Total wilayah yang memiliki mobil Damkar sembilan kecamatan. “Sisanya tinggal sembilan kecamatan. Kalau Woha tidak dihitung karena dapat dijangkau dari kantor (BPBD). Selain itu juga mobil tangki air BPBD juga bisa dikerahkan, karena air yang digunakan tetap air bersih,” ujarnya. [B-11]