SD Negeri 2 Dompu Mulai Terapkan Belajar Tatap Muka Berbasis Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

.

SD Negeri 2 Dompu Mulai Terapkan Belajar Tatap Muka Berbasis Covid-19

Selasa, 14 Juli 2020
Orang dan siswa saat mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan tim Covid-19 SD Negeri 2 Dompu. Foto Poris Berita11.com. 


Dompu, Berita11.com - Bertepatan tahun ajaran baru 2020-2021 dengan standar new normal atau kenormalan baru khusus di wilayah Kabupaten Dompu, sejumlah Sekolah Dasar mulai diaktifkan belajar tatap muka dengan di bawah standar protokoler atau berbasis Covid-19.

Salah satunya SD Negeri 2 Dompu, selain sudah ditunjuk sebagai pilot project sekolah yang berbasis Covid-19, SD Negeri 2 Dompu, mulai terapkan pendidikan tatap muka di bawah peraturan protokol Covid-19,  Senin (13/7/2020).

Pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini, dihari pertama belajar di tengah pandemi virus atau Covid-19. siswa yang didampingi orangtuanya saat masuk di pintu gerbang bagian depan petugas tim Covid-19 yang dibentuk SD Negeri 2 Dompu memeriksa suhu tubuh terhadap orangtua dan siswa.

Kemudian, Orangtua dan siswa diarahkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun yang telah disiapkan dan wajib menggunakan masker. Siswa duduk berjarak 1,5 meter dan ketika pulang siswa lewat pintu belakang dan disemprot menggunakan Handstaizer.

Kepala SD Negeri 2 Dompu Rudi Hartono, S.Pdi kepada Berita11.com mengatakan, penerapan sekolah berbasis protokoler Covid-19 memang sudah dirancang oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu sesuai protokoler Covid-19 berdasrkan jukna juknisnya.

“Orangtua dan siswa dicek suhu kemudian dicatat dan siswa mencuci tangan dan kami juga sudah menyiapkan tisu untuk lap tangannya, kita juga sudah menyediakan kursi dan meja untuk pembagian sif, dalam satu kelas itu diisi dengan siswa ada yang depalan orang hingga 12 siswa,” kata Kepala SD Negeri 2 Dompu.

Sebelum pembelajaran dimulai, tambah Rudi Hartono, siswa berkumpul di lapangan brifing area dengan jarak yang sudah ditentukan untuk diberikan arahan singkat kepada siswa, selain diberikan arahan kepada siswa, sejumlah dewan guru juga melakukan senam covid-19 di lapangan brifing area.

“Hari Senin khusus kelas 1 A, B, C, besok selasa khusus kelas II A, B, C, begitu juga seterusnya, kemampuan personelnya, kami baru melaksanakan 1 sampai 2 jam tatap muka di kelasnya, nanti akan kami evaluasi kembali sehingga mengetahui jam sesuai kebutuhan siswa,” urai Rudi.

Kepala SD Negeri 2 Dompu belum bisa memastikan kapan berakhirnya penerapan pembelajaran selama new normal atau kenormalan baru ini, dan pada kesempatan ini, Rudi menyampaikan apresiasi kepada seluruh dewan guru yang sudah kompak menjalankan program sekolah berbasis Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan adanya Covid-19 kami sebagai tenaga pendidik khususnya di SDN 2 Dompu semakin semangat lagi, pada intinya kami mengambil nilai positif, lewat kesempatan pula, saya pribadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh dewan guru atas partisipasi dan kekompakannya selama ini,” ucapnya. [B-10]