STKIP Taman Siswa Beri Penghargaan Beyond Police pada Kapolda NTB

Iklan Semua Halaman

.

STKIP Taman Siswa Beri Penghargaan Beyond Police pada Kapolda NTB

Senin, 13 Juli 2020
Kapolda NTB, Irjen Pol H Muhammad Iqbal MH saat Menerima Penghargaan Beyond Police dari Ketua STKIP Taman Siswa Bima.

Bima, Berita11.com— Kapolda NTB melakukan kunjungan dua malam di Bima. Salah satu rangkaian silaturahmi Kapolda adalah melakukan dialog bersama pimpinan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bima dan Dompu di kampus STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (11/7/2020).

Silaturahmi dan dialog di PTS ini merupakan salah satu rekomendasi saat audiensi Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi (APPERTI NTB) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI NTB) akhir Juni 2020, yang dihadiri oleh Rektor UMMAT , Rektor Universitas 45, Rektor dan pejabat UNW, Rektor UNIZAR, Ketua STIPAR Mataram, Ketua STIKES Mataram, Direktur Politeknik Medica Mataram, pejabat yang mewakili dari Universitas Samawa Sumbawa dan Ketua STKIP Taman Siswa Bima sebagai inisiator dan pemandu acara.



Dialog berlangsung smart, humble dan terbangun harmonisasi untuk melakukan kerja sama (kemitraan) dalam kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi khususnya pada kegiatan pengabdian masyarakat dalam mendukung kegiatan pembangunan, sesuai visi-misi masing-masing institusi PTS dengan Polda-Polres. Salah satu poin penting juga, Kapolda berkomitmen, terbuka untuk silaturahmi secara bergiliran pada PTS di NTB untuk belajar dan memberikan motivasi pada civitas akademika pada masa Nurut Tatanan Baru.

Di akhir acara dialog stkip tamsis memberikan penghargaan Beyond Police (polisi masa depan) kepada Kapolda NTB Irjenpol H Muhammad Iqbal SIK MH yang biasa dipanggil (HMI).

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si menjelaskan, penghargaan kepada Kapolda NTB diberikan atas beberapa indikator, yaitu memiliki visi jelas, misi tegas, program kerja prioritas, kecepatan beradaptasi dengan masyarakat melalui silaturahmi kunjungan, coffe morning pada institusi, elite (tokoh). Selain itu, indikator lainnya, Kapolda M Iqbal memiliki rekam jejak tugas yang jelas, masa mengabdi pada institusi kepolisian, empat kali menjadi Kapolres, dua kali menjabat Humas di Polda DKI dan Humas Mabes Polri, serta menjadi Kapolda NTB yang belum banyak di angkatan tahun 90 dapat promosi jenderal berbintang dua.

Di beberapa kegiatan dialog, Kapolda NTB sering menyampaikan, ingin membangun, mewujudkan visi kampung SEHAT (Steril, Ekonomi, Harmonis, Asri, Tangguh) dengan misi Kamtibmas kondusif, masyarakat semakin produktif Nurut Tatanan Baru. Visi-misi dan program prioritas tersebut seolah ingin mengajak jajaran Polda dan masyarakat NTB bahwa tugas polisi tidak hanya melayani, melindungi dan penegakan hukum (how to serve, protect and low enforcement ), akan tetapi ingin membangun polisi berkualitas dengan melakukan perubahan mind set masyarakat, khususnya generasi muda dari paradigma berpolitik politik ke paradigma pemikiran ekonomi. Bahwa berpolitik silakan, menyampaikan aspirasi melalui aksi itu hak dijamin konstitusi, tetapi jangan lupa membangun kemandirian ekonomi, mengikuti pola UMKM, ekonomi kreatif dan pemberdayaan masyarakat.

Menurut ketua STKIP Taman Siswa Dr Ibnu Khaldun, M.Si visi-misi dan program kerja prioritas bapak Kapolda NTB ini sesuai dengan keadaan di NTB saat ini, mengacu pada amanah reformasi dalam tubuh Polri menggunakan konsep democratic police, good governance yaitu pendekatan policy based community (kebijakan berbasis kebutuhan masyarakat). 

Ketua STKIP Taman Siswa Bima Foto Bersama Kapolda NTB, Irjen Pol H Muhammad Iqbal MH.

Magister dan doktor lulusan Ilmu Politik UGM dan UI ini juga menyampaikan, masyarakat NTB dan khususnya PTS sangat merasakan manfaat dengan kehadiran Bapak HMI, karena memberi spirit etos kerja tinggi, memberi inspirasi, motivasi di masa-masa ekonomi sulit, beban sosial-masyarakat.

Belum dua bulan, sudah dua kali ke Bima bermalam dua hari, menemui banyak elite politik, ekonomi dan sosial dan pendekatan yang jarang dilakukan oleh pemimpin lain.

“Baru kali ini kami berdialog, bertemu langsung dengan kapolda NTB di perguruan tinggi,” kata ketua STIE Bima, M Firdaus ST MM yang sudah 18 tahun memimpin kampus.

Sebagai informasi dalam 12 tahun berdiri, STKIP Taman Siswa Bima sudah banyak memberi penghargaan pada elite dari berbagai kategori, di antaranya Drs M Hilir Ismail, KH Muhammad Hasan (keluarga berkarakter), Drs M Hilir Ismail (sejarahwan), Muhammad Aminullah (N.Marewo;budayawan) Hadi Santoso, ST, MM (wirausaha muda), Gubernur NTB (Father of Civilication).

“Insya Allah (kami) akan memberi penghargaan pada milad 13 tahun Tamsis bulan September momentum wisuda kategori health sebagai lifestyle,” ujar Ibnu Khaldun. [B-24]