Wujudkan Kampung Sehat yang Sukses, Kapolres Dompu Gencarkan Sosialisasi -->

Iklan Semua Halaman

.

Wujudkan Kampung Sehat yang Sukses, Kapolres Dompu Gencarkan Sosialisasi

Tuesday, July 14, 2020
Kapolres Dompu saat memberikan materi sosialisasi lomba kampung sehat. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Program kampung sehat dijadikan sebagai langkah penting dalam menambah wawasan masyarakat agar hidup sehat, selain itu, dapat meningkatkan produktivitas masyarakat serta memutuskan mata rantai penularan Covid19.

Untuk itu, demi mewujudkan program kampung sehat yang sukses, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK gencarkan sosialisasi sebagai bentuk persiapan dalam perlombaan kampung sehat dan sosialisasi itu telah berlangsung di aula Kantor Camat Woja, Selasa (14/7/2020) pagi. 

Dalam sambutannya, Kapolres Dompu memaparkan materi tentang kampung sehat bahwa program yang digelar sejak tanggal 1 Juli 2020 ini merupakan program yang dicanangkan Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal MH, S.I.K.

"Kampung sehat merupakan program kerja yang digagas  Kapolda NTB dengan tujuan misi sosial yakni meningkatkan partisipasi masyarakat melawan pandemi Covid-19 yang nantinya akan dikemas dalam bentuk perlombaan," kata Kapolres.

"Hal itu dilakukan agar warga sadar bukan hanya menciptakan lingkungan bersih namun juga menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan standar kesehatan daerah masing-masing," sambung Kapolres.

Dikatakannya, mengingat selama ini dompu diserang Covid-19, Kapolres berharap, agar warga dapat berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat, sehingga program tersebut bisa terwujud dengan tujuan Dompu bebas Covid-19. 

"Disamping itu juga, penularan Covid 19 menurun, dan kami sadar bahwa program ini tidak akan berhasil tanpa partisipasi langsung oleh masyarakat," harap Kapolres.
Sesi foto bersama usai gelar sosialisasi. Foto ist

Adapun, kriteria yang menjadi penilaian dalam lomba kampung sehat yakni ada 4 bidang. Dan hal itu sebagai peninjauan oleh tim penilaian antara lain.
1. Bidang Kelembagaan.
2. Bidang Kesehatan.
3. Bidang Sosial Ekonomi.
4. Bidang Keamanan.

"Kami berharap, Camat, Desa dan Lurah untuk mempersiapkan diri dan menyampaikan hal ini kepada masyarakat," harapnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga memberikan imbauan Kepada seluruh Camat dan Kepala Desa terkait dengan tahapan Pemilu Kada tentang aturan yang telah diatur dalam Undang-undang Pemilu termasuk Aparatur Sipil Negara yang ikut politik praktis.

"Kami menghimbau kepada ASN agar tetap netralitas dan kepada simpatisan dan pendukung setia Bakal Calon untuk tidak ikut politik praktis dan tetap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif serta lebih bijak menggunakan media sosial karena setiap pelanggaran Undang-undang termasuk Undang-undang ITE juga dapat dihukum sesuai dengan perbuatan," beber Kapolres.

Kegiatan sosialisasi lomba kampung sehat diikuti para Kepala Desa dan Bhabinkamtibmas yang ada di empat Kecamatan yakni, Kecamatan Hu'u, Pajo, Dompu dan Woja.

Turut hadir Kabag Ops Kompol Nusra Nugrahan SH, Kasat Binmas IPTU Zailani, Danramil 1614-01 Kapten Inf. Muh. Yamin, Kapolsek Dompu IPDA I Kade Swadaya Atmaja, S. Sos, Kapolsek Pajo IPTU Rusdi, SH, Kapolsek Hu'u IPDA Zuharis dan Kapolsek Woja IPDA Abdul Haris.

Hadir pula Kepala Inspektorat H. Muhibudin dan Kepala DP-MPD Khairuddin, SH, Camat Woja Suherman, S. Pt, Camat Pajo, Camat Hu'u, Camat Dompu, Kepala Puskesmas Dompu Barat Mujakir,  S. Km. [B-10]