Bermula dari Rumah H Mahmud, Tujuh Rumah di Bima Terbakar -->

Iklan Semua Halaman

.

Bermula dari Rumah H Mahmud, Tujuh Rumah di Bima Terbakar

Saturday, August 8, 2020
Konsentrasi Warga di Lokasi Kebakaran di Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima NTB, Sabtu (08/08/2020).

Bima, Berita11.com— Tujuh rumah milik warga RT 12/07 di Desa Samili Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, terbakar Sabtu (08/08/2020) pagi. Enam rumah hangus terbakar, sedangkan satu rumah lainya rusak ringan karena bagian dindingnya rumahnya terhempas.

Hal tersebut terkonfirmasi dari Sekdes Samili, Muhammad Ahwan Alqusyairi. Lokasi kebakaran tujuh unit rumah tidak jauh dari markas BPBD Kabupaten Bima, yang berjarak lebih kurang 2 kilometer.

Ahwan menyebut, kebakaran terjadi sekira pukul 08.00 Wita. Sumber api berasal dari rumah H Mahmud, kemudian menjalar ke sejumlah rumah warga lainnya. Ada tujuh rumah yang rusak akibat peristiwa ini, yaitu rumah permanen milik Abdullah Jafar, Ibrahim Jafar, Syafruddin, serta rumah panggug milik H Mahmud, Hj Siti Rukaya dan rumah panggung milik Siti Hajar.

“Empat rumah kayu dan dua rumah batu, sedangkan satu rumah lainnya mengalami rusak ringan atas nama Darmawan. Dinding rumahnya jebol,” kata Ahwan saat dihubungi Berita11.com melalui sambungan telpon, Sabtu (8/08/2020). 





Dia mengatakan, beberapa saat setelah mengetahui kebakaran, warga berupaya membantu memadamkan api. Tak lama kemudian, beberapa unit mobil PMK dan water canon milik Polres Bima dikerahkan untuk membantu memadamkan api. Api berhasil dipadamkan puluhan menit kemudian atau sekira pukul 09.00 Wita.

Ahwan mengatakan, hingga kini pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran. Bebrapa anggota Inafis Polres Bima telah mendatangi lokasi dan melaksanakan olah tempat kejadian perkara (TKP). Adapun berkaitan tanggap darurat dan iventarisasi dampak kebakaran, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Bima.

“Untuk data kerusakan masih kita melakukan pendataan. Demikian juga untuk tanggap darurat sudah kita laporkan kepada Dinas Sosial. Penyebab kebakaran belum diketahui, tapi sudah ada tim Inafis yang turun,” ujarnya. [B-11]