Diduga Pemantik dari Puntung Rokok, Kebun 30 Hektar Milik Warga Soromandi Terbakar -->

Iklan Semua Halaman

.

Diduga Pemantik dari Puntung Rokok, Kebun 30 Hektar Milik Warga Soromandi Terbakar

Sunday, August 16, 2020
Danramil Donggo Bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Warga Berupaya Memadamkan Api Menggunakan Alat Manual di Lahan Milik Kelomopk Tani yang Terbakar di Desa Punti, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Minggu (16/08/2020).

Bima, Berita11.com— Kebun seluas 30 hektare milik H Ismail dan sejumlah petani lain di Dusun Sarita, Desa Punti, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, terbakar Minggu (16/08/2020) siang. Diduga pemicu kebakaran karena puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Selain kebun milk H Ismail, api menjalan hingga kebun milik kelompok tani Wela Komba dan kelompok tani Prangga Jimba di RT 003/004 Dusun Sarita. Kebakaran terjadi sekira pukul 12.30 Wita.

Perihal kebakaran, juga diinformasikan Kasubid Penanganan Darurat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Bambang Hermawan S.Kom MM melalui media sosial. Pada mulanya pihak dinas kesulitan mengerahkan petugas pemadam kebakaran ke lokasi, karena tidak ada petugas yang siaga pada hari libur.

Kebakaran meluas, karena lokasi terbakar merupakan kebun yang banyak ditumbuhi pohon jati yang telah kering dan rumput kering.



Sekira pukul 13.30 Wita, Danramil 1608-05/ Donggo, Kapten Seninot Sribakti, Camat Soromandi, Babinsa, Bhabikamtibmas dan warga berupaya memadamkan api dengan dahan ponoh yang dibasahi, untuk mencegah api merembet hingga pemukiman warga Dusun Sarita Desa Punti.

Satu jam kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran Kecamatan Bolo datang memadamkan sia api yang masih menyala di lahan kebun kelompok Tani Wela Komba dan Prangga Jimba. [B-11]