Duh, Lima Tenaga Kesehatan Puskesmas di NTB Terkonfirmasi Positif Covid-19, hanya Isolasi Mandiri? -->

Iklan Semua Halaman

.

Duh, Lima Tenaga Kesehatan Puskesmas di NTB Terkonfirmasi Positif Covid-19, hanya Isolasi Mandiri?

Wednesday, August 5, 2020
Suasana di Puskesmas Paruga saat Keributan Pasien Kategori Nakes Beberapa Hari lalu. Foto B-12.

Kota Bima, Berita11.com— Sebanyak lima tenaga kesehatan (Nakes) Pusat Kesehatna Masyarakat (Puskesmas) Paruga, Kota Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terkonfirmasi positif Covid-19. Hal ini berdasarkan press release yang diterbitkan Gugus Tugas Provinsi NTB, Rabu (5/08/2020).

Ketua Harian Gugus Tugas Provinsi NTB, HL Gita Ariadi mengatakan, sebagaimana pemeriksaan di Laboratorium PCR RSUD Provinsi NTB, Laboratorium PCR RS Unram, Laboratorium PCR Genetik Sumbawa Technopark, Laboratorium PCR RSUD Kota Mataram, Laboratorium PCR RSUD R. Soedjono Selong, Laboratorium TCM RSUD Bima, dan Laboratorium TCM RSUD Praya sebanyak 237 sampel dengan hasil 193 sampel negatif, 17 sampel positif ulangan, dan 27 sampel kasus baru positif Covid-19. Kasus baru positif tersebut, antaranya terdapat lima orang asal Kota Bima.

Adapun lima orang positif baru Covid-19 asal Kota Bima yakni pasien nomor 2218, an. SR, perempuan, usia 52 tahun, penduduk Kelurahan Sarae, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima. Riwayat kontak dengan orang bergejala Covid-19. Saat ini melakukan Isolasi Mandiri di rumahnya dengan kondisi baik. Pasien nomor 2219, an. SJ, perempuan, usia 51 tahun, penduduk Kelurahan Ule, Kecamatan Asakota, Kota Bima. Riwayat kontak dengan orang bergejala Covid-19. Saat ini melakukan isolasi mandiri di rumahnya dengan kondisi baik.

Selain itu, pasien nomor 2220, an. I, laki-laki, usia 29 tahun, penduduk Kelurahan Rabangodu Utara, Kecamatan Raba, Kota Bima. Riwayat kontak dengan orang bergejala Covid-19. Saat ini melakukan Isolasi Mandiri di rumahnya dengan kondisi baik. Pasien nomor 2221, an. MR, laki-laki, usia 34 tahun, penduduk Kelurahan Rabangodu Utara, Kecamatan Raba, Kota Bima. Riwayat kontak dengan orang bergejala Covid-19. Saat ini melakukan isolasi mandiri di rumah nya dengan kondisi baik. Pasien nomor 2222, an. SU, perempuan, usia 38 tahun, penduduk Kelurahan Penanae, Kecamatan Raba, Kota Bima. Riwayat kontak dengan pasien Covid-19 nomor 2170. Saat ini melakukan isolasi mandiri di rumahnya dengan kondisi baik.

Sebagaimana yang dihimpun Berita11.com, lima pasein positif baru Covid-19 Kota Bima merupakan Nakes PKM Paruga Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat dan seluruh pasien positif tersebut asal kota Bima dan tidak dilakukan isolasi terpusat, melainkan isolasi mandiri di rumah masing masing sesaui peraturan baru bagi pasien positif Covid-19 tanpa gejala, sehingga bisa dilakukan isolasi mandiri di rumah masing masing. Karena pertimbangan sarana dan prasaran untuk Isolasi terpusat untuk di Kota Bima tidak tersedi atau tidak mendukung karena kapasitasnya telah penuh.

Gita Ariadi mengajak seluruh petugas, baik dari jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota se-NTB serta aparat TNI dan Polri serta seluruh petugas kesehatan dan aparat terkait lainnya, terus memperkuat kolaborasi, kerja sama dan tetap semangat untuk melakukan pembinaan.



“Sosialisasi dan edukasi secara humanis dan persuasif untuk meminimalisir jatuhnya korban akibat Covid-19,” imbaunya. [B-12]


============================================

Ralat: yang Dimaksud Nakes Puskesmas Paruga dalam berita ini adalah Nakes RSUD Bima dan sedang diisolasi di RSUD Bima. Demikian perbaikan kami. Terima Kasih. Redaksi Berita11.com.