Family Gathering, PKBM dan LKP Dompu Gelar Berbagai Lomba di Pantai Sarae Nduha -->

Iklan Semua Halaman

.

Family Gathering, PKBM dan LKP Dompu Gelar Berbagai Lomba di Pantai Sarae Nduha

Saturday, August 15, 2020
Kegiatan bersih objek wisata pantai Sarae Nduha. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Forum pendidikan nonformal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Kabupaten Dompu menggelar kegiatan silaturahmi keluarga (Family Gathering) yang berlangsung di Objek Wisata Pantai Sarae Nduha Desa Doropeti Kecamatan Pekat, Sabtu (15/8/20).

Giat yang bertajuk "Bhakti Sosial Membersihkan Pantai Sarae Nduha" ini dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 75 tahun 2020 diisi dengan berbagai macam lomba seperti Lari karung, rebut gelas Aqua, mengisi air ke dalam botol, lomba joget dan besic sugesti.

Ketua panitia Nurhasanah, S. Pd dalam sambutannya mengatakan, giat yang diadakan di objek wisata Sarae Nduha ini tujuan utamanya adalah mempererat silaturahmi antara PKBM dan LKP di tiap-tiap Kecamatan.

"Kami menyelenggarakan Family Gathering ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi antara lembaga PKBM dan LKP di seluruh Kabupaten Dompu," katanya. 
Giat kebersihan sebelum lomba. Foto Poris Berita11.com.

Sebelumnya, Koordinator Umum Forum Perubahan PKBM Kabupaten Dompu Ruslin, S.Pt, M.Si sebelum pelaksanaan kegiatan lomba kepada Berita11.com mengatakan, forum pendidikan nonformal PKBM dan LKP saat ini dalam tahapan perbaikan sehingga dapat meningkatkan kualitas.

"Dalam internal Forum lembaga pendidikan Nonformal ini, kami sedang dalam upaya penataan kembali dengan mempererat tali silaturahim antara pengelola PKBM dan LKP se-Kabupaten Dompu," kata Ruslin.

"Kami secara bersama-sama merancang dan melaksanakan berbagai kegiatan baik untuk internal forum PKBM maupun kegiatan belajar untuk warga binaan lembaga PKBM dan LKP yang ada di Kabupaten Dompu," sambungnya.

Namun hingga saat ini, Ruslin menambahkan, anggaran Bantuan Operasional (BOP) kegiatan baik pemberantasan buta hurufnya, kesetaraannya maupun kegiatan-kegiatan keterampilan seperti pelatihan kursus, anggaran bersumber dari Pemerintah Pusat.

Untuk itu, ia berharap kepada Pemerintah Daerah turut membantu dengan cara mandiri menyalurkan bantuan anggaran untuk kegiatan PKBM.
Sesi foto bersama sebelum giat kebersihan. Foto Poris Berita11.com.

"Kami berharap, Pemerintah Daerah juga ikut membantu program kami non formal, sehingga kami tidak hanya mengaharap anggaran dari APBN namun ada juga kontribusi dari Pemerintah Daerah," harapnya.

"Semoga langkah-langkah ini memberikan nilai-nilai positif dan berusaha lebih baik lagi untuk menunjukan kredibilitas lembaga PKBM dan LKP Kabupaten Dompu menuju pendidikan non formal berkualitas, bermutu, bermartabat  dan berdaya saing," tandas Ruslin.

Adapun program yang diterapkan PKBM dan LKP antara lain, Keaksaraan Dasar (KD) atau pemberantasan buta huruf.

Kemudian, Keakasaraan Usaha Mandiri (KUM) dengan sasaran Keterampilan (life skill) dan program kesetaraan paket A setara (SD), Paket B setara SMP dan Paket C setara SMA.

Selanjutnya, Kegiatan kursus dan pelatihan dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), kegiatan kursus dan pelatihan dan Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) meliputi kursus menjahit, Kursus tata boga, Kursus komputer dan lain-lain. [B-10]
Usai giat kebersihan. Foto Poris Berita11.com


Usai penyerahan hadiah lomba karung. Foto Poris Berita11.com.


Usai penyerahan hadiah. Foto Poris Berita11.com.