Ini Tujuan Utama Danrem 162/WB Hadiri Upacara HUT ke-75 RI di Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Ini Tujuan Utama Danrem 162/WB Hadiri Upacara HUT ke-75 RI di Dompu

Monday, August 17, 2020
Danrem 162/WB Brigjend TNI Ahmad Rizal Ramadhani, S.Sos, SH,M.Han didampingi Dandim 1614/Dompu Letkol INF. Ali Cahyono, S.Kom saat memberikan keterangan pers. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramadhani S.Sos, SH.M.Han lebih memilih hadiri sekaligus pimpin upacara HUT RI yang ke-75 tahun 2020 di Kabupaten Dompu dari pada di daerah-daerah lain seperti Mataram, Lombok atau Sumbawa. 

Menurut orang nomor satu di Komandan Korem 162 Wira Bhakti ini bahwa upacara HUT RI yang telah berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam Desa Katua, Kecamatan Dompu adalah untuk membangkitkan jiwa nasionalisme bagi para santri maupun santriwati.

"Upacara yang dilakukan di Ponpes Assalam tujuan utamanya untuk memperingati dan membangkitkan nasionalisme kemerdekaan serta mengisi hari kemerdekaan yang lebih baik lagi kedepannya," kata Danrem usai melaksanakan upacara bendera, Senin (17/8/20).

Selain itu, Danrem juga menuturkan bahwa dengan adanya kegiatan upaca HUT RI di Ponpes Assalam serta menggelar berbagai kegiata lomba di seluruh Ponpes yang ada di Desa O'o agar publik tau bahwa Dompu saat ini dalam keadaan yan kondusif dan baik.

"Saya memilih Ponpes Assalam untuk dijadikan tempat upacara, agar publik tahu bahwa Daerah Dompu maupun nasional bahkan internasional Ponpes khususnya di Dompu ini sudah tidak ada yang radikal lagi," ungkap Danrem 162/WB.

Bahkan, sejumlah para pimpinan Ponpes di Desa Katua maupun Desa O'o Kecamatan Dompu sudah beranggapan bahwa membela bangsa dan negara kemerdekaan itu adalah suatu kepercayaan atau keyakinan.

"Mereka sudah merah putih semua, mereka sudah kembali pada pangkuan ibu Pertiwi dan mereka sudah sampaikan bahwa membela bangsa Indonesia adalah aqidah bagi mereka, bukan hanya suatu kewajiban," tutur Danrem.

Untuk itu, Danrem 162/WB memberikan apresiasi terhadap warga Kabupaten Dompu dan Bima lebih khusus kepada para pimpinan Ponpes maupun para santri dan santriwati. Apalagi, sudah menggelar berbagai macam kegiatan lomba keagamaan yang dilaksanakan di rumah Al-Qur'an di Desa O'o beberapa hari lalu.

"Saya sangat bahagia dan sangat bangga dapat terlaksana upacara di pondok pasantren Assalam, termasuk dilaksanakan di Bima yaitu di Pena To'i, ini sangat luar biasa," apresiasinya.

"Ini juga menyatakan bahwa mendikler Bima dan Dompu dalam situasi aman dari kelompok-kelompok radikal maupun kelompok terorisme," pungkasnya. [B-10]