Kapolres Dompu dan Dandim 1614 Gabung Shalat Idul Adha 1441 H di Lapangan Beringin

Iklan Semua Halaman

.

Kapolres Dompu dan Dandim 1614 Gabung Shalat Idul Adha 1441 H di Lapangan Beringin

Sabtu, 01 Agustus 2020
Pelaksanaan shalat idul adha di lapangan Beringin Pendopo Bupati. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK dan Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom ikut bergabung dengan Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin melaksanakan shalat idul adha 1441 Hijriah di lapangan Beringin Pendopo Pemda Dompu, Jumat (30/7/2020) pagi.

Pelaksanaan shalat idul adha 1441 H diikuti seluruh para pejabat Eselon dan Staf Pemda Dompu, para Kepala Dinas, para Camat, para Kepala Desa dan Lurah, Toga, Toma, Toda dan masyarakat sekitar lapangan Beringin sebanyak lebih kurang 2000 orang.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih terhadap masyarakat yang dengan ikhlas menyumbangkan hewan qurban.

Perayaan idul adha tahun ini, berdekatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Untuk itu, ia berharap terhadap jamaah shalat idul adha untuk mendoakan atas pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan.

Selain itu, pelaksanaan idul adha kali ini, kata Bupati, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, keberangkatan jamaah haji pun ke tanah suci dibatasi oleh bencana non alam yakni pandemi Covid-19. Maka, pihaknya mengajak warga untuk selalu senantiasa berdo'a.

"Kita semua dibatasi termasuk pelaksanaan Ibadah haji, hal itu dilakukan untuk menghindari paparan virus corona termasuk jemaah haji Indonesia yang batal berangkat, tentu jemaah haji sangat terpukul dengan keadaan ini, semoga kita selalu diberikan kesabran dan tawakkal kepada allah SWT," ajaknya.

Menurut Bupati Dompu, pada hakikatnya, berkurban itu mempunyai arti penting yakni mengorbankan sifat-sifat iri, dengki, sombong dan sifat itu harus dibuang jauh, tiap daging dan darah yang dikorbankan, kata dia, tidak akan menghapus dosa-dosa tersebut melainkan ketakwaan kita kepada allah swt.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Dompu menghimbau kepada warga baik yang hadir ikut shalat idul adha di lapangan Beringin maupun di seluruh Kabupaten Dompu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena Covid-19 di Dompu belum 100 % hilang.

"Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Dompu untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tetap mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menerapkan social distancing karna kita belum sepenuhnya aman dari Covid-19," imbuhnya.

Untuk diketahui, pada kesempatan ini yang menjadi khattib (khotbah) adalah Drs. Moh. Nasuhi, M.Si sedangkan Imam adalah H. Usman H. Abful Hamid, SE. [B-10]