Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia di Ruang Isolasi RSUD Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia di Ruang Isolasi RSUD Dompu

Wednesday, August 5, 2020
Sebelum kegiatan proses penguburan jasad pasien positif baru Covid-19. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Kabupaten Dompu kembali dikejutkan dengan meninggalnya pasien positif baru Covid-19 berinisial HM pria 62 tahun warga Transad II, Desa Doromelo, Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Selasa (4/8/2020) pagi.

Pasien yang beragama Katholik ini merupakan PDP Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu dan meninggal dunia saat dilakukan isolasi di RSUD setempat.

Pasien yang meninggal ini telah dilakukan uji swab pada hari Senin (3/8) kemarin sore, sekira pukul 16.00 Wita di laboratorium RSUD setempat oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Kabupaten Dompu dengan hasil Positif.

Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK melalui PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah mengatakan, dengan meninggalnya pasien positif baru Covid-19 ini, Kapolres Dompu melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna membahas tempat penguburan jasad pasien.

Kapolres koordinasi dengan Direktur rumah sakit, Kepala BPBD, Dinas Kesehatan, TGTPP Covid-19 dan Pendeta Diton terkait dengan pemakaman atau penguburan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19," jelas Hujaifah.

Selanjutnya guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Kapolres Dompu memerintahkan Kabag Ops Kompol Nusra Nugrahan, SH untuk melakukan pengamanan terbuka dan tertutup di rumah sakit.

Sekira pukul 10.20 Wita, Kasat Intelkam IPTU Makrus, S.Sos bersama Kasat Binmas dan Kapolsek Dompu melakukan koordinasi dengan Lurah, Kepala Lingkungan dan Ketua RT 07 Dorotangga terkait dengan rencana pemakaman jasad pasien di TPU non Muslim atau Kuburan Cina Kel. Dorotangga.

"Adapun hasil koordinasi tersebut bahwa penguburan di tempat itu mendapat penolakan dari masyarakat sekitar dengan alasan khawatir akan penyebaran Covid-19," ungkapnya.

Sekira pukul 10.30 Wita Kasat Intelkam IPTU Makrus bersama Kapolsek Manggalewa IPDA Redho Saputra, S.Trk melakukan koordinasi dengan TGTPP Covid-19, Danramil, Camat dan Kepala Desa serta keluarga terkait pemakaman atau penguburan.

"Adapun hasil koordinasi tersebut bahwa pemakaman jenazah dilakukan di TPU Dusun Transad lll Desa Doromelo Kecamatan Manggelewa," terangnya.

Sekira pukul 14.15 Wita, Kapolres Dompu beserta Direktur RSUD dan Kepala BPBD melakukan AAP terkait persiapan dan sekaligus mengecek kelengkapan personel Polres Dompu sebanyak enam orang yang akan membawa, mengawal dan menguburkan pasien PDP Covid-19.

"Sekira pukul 14.28 Wita, pasien dibawa menuju TPU Dusun Transad lll di Desa Doromelo menggunakan ambulan dengan pengawalan atau pengamanan Personel Polres Dompu yang dikoordinator Kabag Ops Kompol Nusra Nugrahan, SH," urainya.

Sekira pukul 15.00 Wita pasien tiba di TPU kemudian dilakukan penguburan sesuai protokol penangan Covid-19 serta mendapatkan pangamanan dan pengawalan anggota Polres Dompu.

Hadir dalam pemakam tersebut diantaranya, Kapolres Dompu, Pasi Ops Kapten INF Hamzah, Direktur RSUD Dompu dr. Alif, Kepala BPBD, Plt. Kepala Dikes, Kabag Ops Kompol Nusran Nugraha, SH.

Kemudian, Kasat Intelkam IPTU Makrus S.Sos, Camat Manggelewa, Danramil Manggelewa, Kapolsek Manggelewa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Kegiatan pemakaman pasien positif baru Covid-19 ini berakhir sekira pukul 15.20 Wita. [B-10]