Penurunan Bendera di Kantor Bupati Bima Diwarnai Protes, ini Penjelasan Kabag Prokopim -->

Iklan Semua Halaman

.

Penurunan Bendera di Kantor Bupati Bima Diwarnai Protes, ini Penjelasan Kabag Prokopim

Monday, August 17, 2020
Suasana Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam Rangka HUT ke-75 Republik Indonesia di Halaman Kantor Bupati Bima, Senin (17/08/2020).  Foto B-22/ Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Upacara penurunan bendera merah putih dalam rangkaian HUT ke-75 Republik Indonesia di Kantor Bupati Bima, Godo Woha diwarnai aksi protes orang tua anggota Paskibraka sebelumnya telah mengikuti latihan. Apa sebenarnya pemicu keributan?

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, M Chandra AP menjelaskan, aksi protes sejumlah orang tua anggota Paskib hanyalah sebuah kegagal komunikasi (misscommunication). Beberapa orang tua anggota Paskibraka tak dapat menerima anaknya tidak dilibatkan dalam proses penurunan bendera.

“Orang tua dari beberapa anggota (Paskibraka yang telah dilatih sebelumnya) meminta anaknya untuk bertugas pada upacara penurunan bendera. Padahal sudah ada surat dari Menteri Sekretariat Negara agar pelaksanaan upacara HUT ke-75 Republik Indonesia dilaksanakan secara sederhana,” katanya Senin malam.

Mantan Camat Belo ini menjelaskan, pembatasan jumlah pasukan penurunan bendera bukan keinginan Pemda Bima. Akan tetapi, hal itu merujuk surat Menteri Sekretaris Negara yang meminta pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI mengikuti protokol pencegahan Covid-19, sehingga jumlah pengibar maupun petugas penurun bendera hanya tiga orang.

“Tadi pagi sebenarnya tidak ada protes, tapi saat upacara penurunan bendera tiba-tiba ada protes,” katanya.

Sebagaimana video yang beredar dalam media sosial, sejumlah orang tua anggota Paskib memprotes hingga diizinkan pihak Protokol Setda Kabupaten Bima untuk ikut menurunkan bendera merah putih. Puluhan anggota Paskib yang telah menjalani latihan tersebut diikutkan sebagai pasukan penurunan bendera. “Terpaksa diikutkan,” ujar Chandra.

Pemerintah Kabupaten Bima mengucapkan terima kasih atas partisipasi putra-putri terbaik Kabupaten Bima yang telah ikut berpartisipasi menjadi anggota Paskibraka HUT ke-75 RI. Demikian juga partisipasi orang tua anggota Paskib dan masyarakat Kabupaten Bima yang memeriahkan HUT RI. [B-12]