Permudah Akses Kontrol Lingkar Tambora, LSM GAMPPING Ajukan Kerja Sama dengan TNT -->

Iklan Semua Halaman

.

Permudah Akses Kontrol Lingkar Tambora, LSM GAMPPING Ajukan Kerja Sama dengan TNT

Wednesday, August 19, 2020
Anggota LSM GAMPPING saat menyerahkan surat permohonan kerja sama di Balai TNT. Foto Poris Berita11.com. 

Dompu, Berita11.com - Lembaga Swadaya Masyarakat Generasi Muda Penjelajah Rimba dan Pendaki Gunung (LSM GAMPPING) Calabai Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu mengajukan surat kerja sama dengan meminta sepeda motor Kawasaki KLX sebanyak dua unit di Balai Taman Nasional Tambora (TNT), Rabu (19/8/2020) pagi.

Peminjaman sepeda motor ini guna mepermudahkan akses pengontrolan LSM GAMPPING dalam mengawasi dan melindungi serta mengamankan hutan di area lingkar Tambora dan peminjaman sepeda motor ini berlangsung selama tiga bulan, dimulai 21 Agustus hingga 30 Desember 2020.

Ketua LSM GAMPPING Adiman alias Babe pria 40 tahun kepada Berita11.com mengatakan, hal itu dilakukan sebagai upaya LSM GAMPPING dalam mencegah dan meminimalkan kerusakan hutan atas asas nilai strategis kehidupan masyarakat bahkan negara.

"Fungsi hutan adalah sumber daya alam sebagai penyanggah kehidupan manusia, untuk itu, kami juga sebagai LSM wajib untuk mengontrol dan menjaga kelestarian hutan terutama kerusakan hutan akibat ulah oknum para pendaki maupun perambah hutan yang tak bertanggungjawab," ujar Babe.

Sebagai mitra, kata Babe, LSM GAMPPING tentu berperan aktif dalam hal membatu membantu TNT untuk mengedukasi ke masyarakat sekitar lingkar Tambora untuk sama-sama menjaga kawasan Tambora baik bahaya dari kebakaran ataupun kerusakan lainnya.

"Mengingat area hutan Tambora sangat luas tentu tingkatan kerawanan terhadap pelaku tindak pidana atau kejahatan terhadap hutan pasti sangat tinggi, apalagi penebangan atau perambahan hutan semakin menjadi, karena itu kami juga mempunyai tanggung jawab yang besar dalam hal ini," cetus Babe.

Sementara, salah satu staf Balai TNT bagian Pengendali Ekosistim Hutan (PEH) Mia Audina yang menerima surat permohonan tersebut mengatakan, surat tersebut nantinya akan menyampaikan kepada pimpinan TNT pada pekan depan.

"Berhubung pimpinan kami sedang ada acara di luar, Insya Allah kami akan sampaikan mungkin pada hari Senin (25/8)," kata Mia Audina. [B-10]