PKBM Prima Edukasi Kabupaten Dompu Buka Program PKW di Lanci Jaya -->

Iklan Semua Halaman

.

PKBM Prima Edukasi Kabupaten Dompu Buka Program PKW di Lanci Jaya

Thursday, August 20, 2020
Ketua PKBM Prima Edukasi dan Peserta PKW beserta Kabid Paud dan Dikmas Dikpora Kabupaten Dompu, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Manggelewa juga Sekertaris Desa Lanci Jaya saat foto bersama usai acara pembukaan. Foto Poris Berita11.com. 

Dompu, Berita11.com - Lembaga pendidikan non formal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Prima Edukasi membuka program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) di Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa, Kabupaten Dompu, Rabu (19/8/2020) siang.

Pembukaan program PKW ini dihadiri Kepala Bagian (Kabid) Paud dan Dikmas Dikpora Kabupaten Dompu beserta jajarannya, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Manggelewa, Kepala Desa yang diwakili sekertaris Desa Lanci Jaya dan puluhan peserta yang mengikuti program PKW.

Program PKW ini menampilkan karya jenis Kusen, Pintu dan Jendela dengan furniture yang terbuat dari kayu jati dan program ini juga bekerjasama dengan DU/DI, Mebel Budi Daya, Mebel Arini Putri, UMKM IKM MART dan Kemdikbud.

Ketua PKBM Prima Edukasi Suharni saat menyampaikan sambutanya berharap terhadap anggota peserta yang mengikuti program PKW bisa mengembangkan karyanya tentunya dengan sukses.

"Semoga para peserta betul-betul memanfaatkan program ini dan bisa meningkatkan taraf perekonomian khusus di Kecamatan Manggelewa," harapnya.

Sementara, Kepala Desa Lanci Jaya yang diwakili sekertaris dalam sambutannya mengapresiasi dengan hadirnya program tersebut, karena menurutnya, program yang diluncurkan PKBM Prima Edukasi ini dapat membantu perekonomian masyarakat.  

"Kami sebagai Pemerintah Desa sangat berterima kasih banyak karena telah memberikan kesempatan kepada warga kami, semoga dengan kegiatan ini peserta dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang menjadi pelajaran pada kegiatan ini dapat terlaksana atau aktif seterusnya," ucapnya.

Ia meminta terhadap warganya, bahwa ilmu yang didapat dalam program PKW tersebut jangan sampai tidak dilakukan hanya menerima alat atau perangkat saja tetapi harus dijalankan dengan baik.

"Saya meminta kepada adik-adik, kalau kita tidak menjalankan program ini jadi percuma, apalagi bekal dan anggaran ini bukan anggaran dari pribadi atau kelompok tetapi bantuan dari pemerintah yang harus kita jalankan dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Manggelewa menuturkan, bahwa program tersebut merupakan program yang sangat baik untuk dikelola, selain dapat meningkatkan taraf perekonomian juga dapat dimanfaatkan oleh para pegiat yang tergabung dalam program PKW.

"Mari kita manfaatkan program ini sebaik-baiknya, karena kesempatan ini hanya datang sekali, untuk itu, saya tegaskan dalam hal ini terutama adik-adik saya," imbuhnya.

"Manfaatkan sebaik-baiknya, minimal mebel ini untuk kebutuhan pribadi, misalnya, kita buat lemari saja, tentu kita tidak mengeluarkan uang untuk membeli ke tempat lain," arahannya.

Ia menerangkan, hasil karya para pemuda nantinya bahkan dimanfaatkan oleh tetangga bukan hanya orang lain, untu itu, ia kembali menegaskan, manfatkan dengan sebaik-baiknya.

"Program ini adalah program yang sangat bagus, dengan program ini kita gampang mendapatkan uang, tetangga yang panggil untuk perbaiki pintu kusen saja kita bisa dapat uang rokok," motivasinya.

Masih di tempat yang sama, Kabid Paud dan Dikmas M. Yusuf Wijaya, M.Pd dalam sambutannya juga mengatakan, dengan program PKW yang dibuka tersebut diharapkan terhadap para pemuda yang terdaftar dalam kegiatan program PKW untuk bisa mandiri tanpa ketergantungan orang lain terutama kepada orang tua.

"Pemuda-pemuda ini diberikan bekal keterampilan sehingga tidak ada alasan pemuda menganggur, tidak ada alasan pemuda ini mengadakan tangan ke orang tua untuk meminta-minta," motivasinya.

Untuk itu, Yusuf mengajak para pemuda yang tergabung dalam program PKW supaya dimulai dari sekarang untuk bangun motivasi diri dengan tujuan membangun kepribadian yang inspiratif dan inovatif.

"Ayo kita sama-sama menampakkan kegiatan PKW ini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan kita, saya ingin melihat nanti sepanjang jalan ini tidak ada org lain, adik-adik inilah yang mengambil alih di situ," seruannya.

Usai memberikan sambutan, Kabid Paud dan Dikmas M. Yusuf Wijaya, M.Pd langsung membuka program tersebut secara resmi dan ditandai dengan pengetokan Mik. [B-10]