Polres Dompu Adakan Lomba Penerapan Covid-19 antar Satuan Fungsi dan Polsek Jajaran -->

Iklan Semua Halaman

.

Polres Dompu Adakan Lomba Penerapan Covid-19 antar Satuan Fungsi dan Polsek Jajaran

Monday, August 31, 2020
Waka Polres Dompu saat memeriksa di tiap-tiap satuan unit dan satuan kerja. Foto ist.

Dompu, Berita11.com - Selain menciptakan lingkungan kerja yang indah dan bersih, Kepolisian Resor Dompu juga meningkatkan kesadaran personel untuk mematuhi protokoler Covid-19.

Untuk itu, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.I.K, mengadakan lomba penerapan protokoler kesehatan tingkat satuan kerja dan satuan fungsi serta Polsek jajaran, Senin (31/8/2020) pagi.

Ps. PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah menuturkan, Kapolres selaku ketua tim penilai lomba yang digelar tersebut tujuannya agar bisa dijadikan pemantik semangat anggota untuk terus menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan sehat.

"Ini merupakan bagian dari upaya anggota dalam pencegahan penularan Covid-19, selain itu, juga meningkatkan pelayanan kita terhadap masyarakat Kabupaten Dompu," kata Ps. PAUR Subbag Humas.

Menurut Kapolres, Hujaifah menambahkan, kegiatan itu juga, bagian dari manifestasi institusi kepolisian untuk dijadikan pioner dan garda terdepan dalam hal penegakan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokoler Covid-19.

"Kepolisian bisa dijadikan contoh dan tauladan bagi masyarakat," ungkap Hanaifah.

Dikatakannya, pada pelaksanaan lomba, tim penilai yang turun ke bagian dan satuan fungsi dipimpin Wakapolres Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH dan didampingi Kabag Sumda Kompol Ibrahim. 

"Beberapa hal yang menjadi koreksi dan kekurangan yang merupakan temuan Wakapolres secara tegas memerintahkan agar segera diperbaiki dan realisasikan," jelasnya.
Waka Polres sedang memeriksa perlengkapan lomba penerapan protokol Covid-19.

Dalam lomba tersebut, terdapat 14 kriteria yang harus dipenuhi demi memaksimalkan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Berikut 14 kriteria yang dimaksud.

1. Standar protokoler kesehatan tentang pencegahan Covid-19 yang tertulis dalam bentuk banner atau spanduk yang terpasang di sekitar lingkungan satuan kerja.
2. Alat pengukur suhu tubuh
3. Sarana cuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun.
4. Hand sanitizer masing-masing anggota.
5. Ketaatan penggunaan keseragaman masker dinas (logo TNI-POLRI)
6. Pengaturan tempat duduk dalam dan luar ruangan  (pshycal distancing)
7. Pemasangan penyekat/pembatas meja transparan.
8. Penyemprotan disinfektan secara rutin satu kali dalam seminggu
9. Peraturan tertulis bagi anggota Polri dan masyarakat agar tidak bersentuhan
10. Memaksimalkan sirkulasi udara dan sinar matahari dala ruangan.
11. Kondisi kesehatan dan penataan ruangan yang baik.
12. Tanda peringatan area bebas rokok
13. Upaya perawatan personel untuk mencegah covid19 untuk peningkatan imunitas tubuh pembagian vitamin.
14. Pembagian shift kerja yang teratur bagi staf administrasi.

"Saya harap dari 14 kriteria itu wajib ada dan yang masih kurang segera disiapkan," ungkap Hujaifah yang dikutip dari penyampaian Waka Polres.

Hujaifah menambahkan, Waka Polres isyaratkan bakal melakukan pengecekan ulang beberapa hari kedepan dan usai penilaian di Mapolres akan dilanjutkan penilaian di ditingkat Polsek jajaran. 

"Mari kita berikan contoh yang baik dan menjadi panutan dan tauladan bagi masyarakat terutama masyarakat yang berkunjung ke Mapolres Dompu dan masyarakat bisa melihat langsung lingkungan kerja kita," pungkasnya. [B-10]