Polsek Pekat Ringkus Pelaku Spesialis Curanmor dan Pencuri Ternak -->

Iklan Semua Halaman

.

Polsek Pekat Ringkus Pelaku Spesialis Curanmor dan Pencuri Ternak

Saturday, August 8, 2020
Keempat pelaku yang diringkus dan sejumlah sepeda motor BB yang berhasil diamankan. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Jajaran kepolisian sektor Pekat di bawah pimpinan IPDA Muh. Sofyan Hidayat, S. Sos berhasil meringkus empat orang pria yang diduga pelaku spesialis pencurian sepeda motor (Curanmor) dan pencuri ternak sapi yang kerap beroperasi di wilayah Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu. 

Keempat pria dimaksud masing-masing berinisial MSL (20 tahun), warga Dusun Soridei Desa Karombo, SHL (35) warga Dusun Karya Sari, Desa Soritatanga, SA (35) warga Dusun Latonda II Desa Calabai dan JM (30), warga Dusun Gunung Batu Desa Pekat. Keempat pelaku dibekuk dari Jum'at (7/8) sore, hingga Sabtu (8/8/2020) siang.

Kapolsek Pekat melalui PAUR Subbag Humas Polres Dompu AIPTU Hujaifah menjelaskan, sebelum dilakukan penangkapan, angggota timsus Polsek Pekat melakukan penyelidikan berdasarkan laporan masyarakat maupun pengaduan dari salah satu korban.

"Akhir-akhir ini sering terjadi pencurian kendaraan bermotor dan pencurian ternak sapi sesuai laporan masyarakat dan hal itu menguatkan dari adanya Laporan Polisi dengan nomor : LP / 46 / VI / 2020 / NTB / Res Dompu / Sek Pekat, tertanggal 11 Juni 2020. TKP (Tempat Kejadian Perkara) di Dusun Bukit Mente Desa Kadindi Barat," ungkap Hujaifah.

Dari hasil pengembangan penyelidikan didapat informasi bahwa salah satu terduga pelaku dalam kasus Curanmor yakni MSL akhirnya timsus melakukan pemeriksaan terhadap MSL.

"Di hadapan polisi, MSL mengakui bahwa pernah melakukan pencurian kendaraan bermotor bersama SHL dan SA," terang Hujaifah.

Berdasarkan informasi tersebut pada, Jum'at (7/8) sekira pukul 17.30 Wita, anggota timsus bergegas menuju Dusun Latonda II Desa Calabai guna melakukan penangkapan terhadap SHL dan SA yang kebetulan saat itu sedang berada di tempat yang sama.

"Setelah SHL dan SA diperiksa dan dari keterangan keduanya diperoleh informasi tentang keberadaan sepeda motor hasil pencurian yaitu di rumah  SHL di Dusun Karya Sari Desa Soritatanga," ungkap Hujaifah.

Adapun barang bukti (BB) sepeda motor yang berhasil diamankan di rumah terduga pelaku SHL antara lain, satu unit sepeda motor Honda merk Supra GTR hasil curian di TKP Dusun Bukit Mente Desa Kadindi Barat.

Kemudian, satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z, satu unit sepeda motor Honda Vario dengan TKP Dusun Tanjung Pasir Desa Pekat, sedangkan satu unit sepeda motor Yamaha lainnya bermerek Jupiter MX diamankan di rumah keluarga MSL hasil curian di Dusun Tanjung Pasir, Desa Pekat.

"Setelah dilakukan pengembangan dan digali informasi bahwa selain di beberapa TKP tersebut, para pelaku sudah pernah beraksi di tempat lain yaitu di Dusun Sori Kalate Desa Kadindi Barat dengan keterlibatan pelaku lain atas nama JM sehingga timsus mengamankan JM," bebernya. 

Berikut keterlibatan keempat pelaku dalam aksi curanmor dan ternak sapi yang selama ini sangat meresahkan masyarakat.

MSL melakukan Curanmor sebanyak dua kali dengan TKP di Dusun Tanjung Pasir Desa Pekat yaitu satu unit Yamaha Jupiter MX, sementara, satu unit Honda Vario dilakukan bersama SHL dan SA di Dusun Sori kalate Desa Kadindi Barat yaitu satu unit Honda Blade.

Sedangkan pencurian ternak sapi berjumlah tiga kali dengan TKP di Dusun Jurang Karang Desa Karombo sebanyak tiga ekor sapi dilakukan bersama SA dan MST.

Di Dusun Soridei Desa Karombo sebanyak dua ekor dilakukan bersama SA dan SHL, di Dusun Kaliaga II Desa Kadindi Barat sebanyak dua ekor dilakukan bersama SA, SHL dan MST.

SHL melakukan Curanmor sebanyak dua kali dengan TKP di Dusun Tanjung Pasir Desa Pekat yaitu satu unit honda Vario dan Jupiter MX bersama dengan MSL.

Di Dusun Sori Kalate, Desa Kadindi Barat yaitu satu unit Honda Blade bersama MSL dan SA sedangkan di Dusun Bukit Mente Desa Kadindi Barat yaitu satu unit Honda Supra GTR bersama MST dan RS.

Pencurian ternak sapi sebanyak satu kali dengan TKP di Dusun Soridei Desa Karombo sebanyak dus ekor dilakukan bersama SA dan MSL.

SA melakukan Curanmor sebanyak satu kali dengan TKP di Dusun Sori Kalate Desa Kadindi Barat yaitu satu unit Honda Blade bersama SHL dan MSL.

Sedangkan mencuri ternak sapi sebanyak dua kali dengan TKP di Jurang Karang Desa Karombo sebanyak tiga ekor dilakukan bersama MSL dan MST dan di Dusun Soridei Desa Karombo sebanyak dua ekor dilakukan bersama MSL dan SHL.

Sementara, JM yang juga residivis pencurian ternak melakukan pencurian ternak sapi dengan TKP di Dusun Kaliaga II Desa Kadindi Barat sebanyak dua ekor dilakukan bersama SHL, SA dan MSL. [B-10]