STKIP Taman Siswa Gelar Bimtek Penulisan Artikel untuk Publikasi Internasional -->

Iklan Semua Halaman

.

STKIP Taman Siswa Gelar Bimtek Penulisan Artikel untuk Publikasi Internasional

Saturday, August 29, 2020
Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si Menyampaikan Sambutan saat Bimtek Penulisan Artikel untuk Publikasi Internasional di Kampus setempat, Jumat (29/08/2020).

Bima, Berita11.com— Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penulisan artikel untuk publikasi internasional. Kegiatan bertema kiat sukses publikasi jurnal internasional bereputasi scopus digelar di kampus setempat, Jumat (29/08/2020).

Tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan dosen lingkup STKIP Taman Siswa Bima, memfasilitasi dosen mengembangkan diri melalui penulisan publikasi ilmiah, khususnya publikasi internasional sehingga dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam menyusun publikasi internasional bereputasi scopus.

Dalam sambutannya, Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si menyampaikan apresiasi kepada LPPM sebagai penyelenggara kegiatan dan memotivasi seluruh peserta agar semangat meneliti hingga dipublikasi di jurnal nasional maupun jurnal internasional.

“Semakin banyak pubikasi diharapkan akan semakin banyak dosen STKIP Taman Siswa Bima yang akan mengirimkan usulan dalam kenaikan pangkat,” katanya seperti dikutip Humas STKIP Taman Siswa.

Dalam kegiatan tersebut, LPPM menghadirkan tiga narasumber yang sudah memiliki banyak riwayat publikasi internasional bereputasi scopus, yaitu Nanang Diana M.Pd yang sudah memiliki artikel Q3, Asriyadin M.Pd dengan riawayat artikel IOP dan Rosmiati M.Pd (dosen STKIP Bima) beberapa kali memiliki riwayat publikasi Q4, Q3 dan artikel indeks Q1.

Kegiatan yang dihadiri lebih dari 50 dosen internal STKIP Taman siswa tersebut berlangsung khidmat dan disertai sejumlah pertanyaan dosen kepada narasumber.



Pada awal penyampaiannya, Nanang Diana M.Pd menceritakan pengalamannya dalam publikasi artikel Q3. Dia menjelaskan, modal utama agar suskes publikasi artikel bereputasi scopus yakni sabar, gigih, mengikuti saran editor, dan revisi sesuai yang disarankan.

“Agar tulisan yang dipublikasikan mudah diterima, maka catatlah beberapa tulisan yang ada pada jurnal yang dituju,” sarannya.

Pemateri pertama, Rosmiati M.Pd menyampaikan pengalamannya dalam menembus tulisan bereputasi Q1 yang gratis. Menurut dia, salah satu tips agar dosen mempublikasi hasil penelitian pada jurnal bereputasi gratis, dengan memilih jurnal opsi closed access.

“Teliti dan detaillah dalam mengikuti format dan ketentuan jurnal yang dituju, gunakan bahasa Indonesia yang baku agar menghasilkan translate (terjemahan) yang bagus dan gunakan tools mendeley untuk memastikan kesesuian pustaka yang dikutip,” sarannya.

Sementara itu, Asriyadin M.Pd menyampaiakan materi tentang teknis cara mengirim (submit) dan mencari jurnal yang sesuai cakupan penelitian dosen.

Selain sejumlah tips tersebut, para pemateri menyampaikan, penulis harus memiliki tekad yang kuat sebagai modal awal. Dengan tekad yang kuat, seorang penulis tidak akan menyerah pada segala hambatan saat menulis artikel. Hal terpenting yang ditegaskan pemateri bagi para dosen, mulai menulis.

LPPM akan berkolaborasi dengan tim pengelola jurnal STKIP Taman Siswa Bima akan mengadakan kegiatan lagi sebagai follow up dari permintaan dosen, yaitu klinik penulisan artikel. Pada kegiatan berikutnya, para diharapkan membawa draft artikel masing-masing untuk mendapat masukan dari narasumber. [B-19]