Tingkatkan Keamanan di Tengah Covid-19, Pemda dan Polres Dompu Gencarkan Sosialisasi -->

Iklan Semua Halaman

.

Tingkatkan Keamanan di Tengah Covid-19, Pemda dan Polres Dompu Gencarkan Sosialisasi

Wednesday, August 5, 2020
Sosialisasi sedang berlangsung. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Untuk meningkatkan keamanan di tengah pamdemi Covid-19, Pemerintab Daerah (Pemda) da Polres Dompu menggencarkan giat sosialisasi. Giat sosialisaai berlangsung di aula kantor Lurah Bada, Kecamatan Dompu, Rabu (5/8/2020) pagi.

Sosialisasi tersebut berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 146/2694/S.J tentang petunjuk pelaksanaan peraturan Menteri Dalam Negeri No. 130 tahun 2018 kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan tahun 2020.

Pada kesempatan ini, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan SH dalam penyampaian materinya mengatakan, bahwa pandemic covid-19 ini sangat berkaitan dengan keamanan dan ketertiban karena berpengaruh kepada ekonomi masyarakat.

“Banyak karyawan yang di PHK, banyak masyarakat yang susah mendapatkan pekerjaan, di situlah timbul keresahan dan berujung terjadinya tindak pidana,” ujarnya.

Dalam menghadapi tatanan hidup baru (ADP), masyarakat harus lebih sadar untuk mengikuti imbauan pemerintah dalam menerapkan protocol kesehatan.

Ia juga berharap kepada anak muda agar bisa menjadi contoh dan memberikan edukasi kepada masyarakat luas dalam menghadapi covid-19.

“Kami dari TNI Polri dan elemen masyarakat mendukung penuh dalam usaha memutus mata rantai covid-19,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Dompu mengatakan, bahwa pandemi ini telah mewabah di seluruh dunia, maka dari itu diharapkan seluruh lapisan masyarakat mengikuti imbauan perintah daerah dalam mencegah penyebaran covid-19.

"Saat ini kita sudah memasuki istilah adaptasi kebiasaan baru (ADP) dimana sehari-hari kita harus menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Karena tujuan dari penerapan protokol kesehatan ini, tambahnya, yaitu untuk melindungi diri dari orang-orang yang mempunyai dan rentan menularkan virus Corona tersebut.

Ia juga menilai dalam masa ADP ini masih ada yang mengadakan keramaian seperti pernikahan yang belum mengikuti protokol kesehatan, karena di situlah akan terjadi titik penyebaran covid-19.

Ia berharap, ke depan apabila dalam melaksanakan suatu kegiatan yang membuat keramaian harus tertera dalam surat kegiatan untuk mengikuti protokol kesehatan yaitu salah satunya menggunakan masker.

"Saya berharap ke depannya kegiatan sosialisasi seperti ini harus sering dilaksanakan guna memberikan edukasi terhadap masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19," katanya.

Sebelumnya, Lurah Bada, R Syafiuddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut dalam sosialisasi. Syafiuddin juga mengajak warga untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19.

"Jangan sekali-kali menganggap remeh virus tersebut karena akan berakibat fatal bagi diri sendiri maupun keluarga serta masyarakat," kata Lurah Bada.

Syafrufddin mengajak warganya, agar tetap mengikuti imbauan pemerintah tentang protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19. "Tetap menggunakan masker, sosial distancing dan mencuci tangan pakai sbaun," imbuhnya.

Ia menjelaskan, pihaknya telah membentuk kader poskamling yang anggotanya adalah anak muda dari kelurahan setempat.

"Dalam poskamling tersebut telah disediakan masker dan handsanitiser. Hal ini untuk menjadi contoh bagi masyarakat dalam menerapkan protokol Covid-19," katanya.

Ia juga mengapresiasi program kampung sehat yang diinisiasi Kapolda NTB, dan berharap semoga program ini dapat menumbuhkan rasa sadar masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19. [B-10]