Aksi Massa Pendukung Bapaslon di Dompu, Kantor Bawaslu “Dihujani” Batu -->

Iklan Semua Halaman

.

Aksi Massa Pendukung Bapaslon di Dompu, Kantor Bawaslu “Dihujani” Batu

Wednesday, September 30, 2020
Ilustrasi Aksi Massa.



Dompu, Berita11.com— Massa pendukung bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Syaifurrahman Salman dan Ika Rizki Veryani yang diperkirakan ratusan orang terkonsentrasi di depan kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu, Rabu (30/09/2020). Konsentrasi massa berujung kericuhan.

Sebagaimana dikutip dari Dompubicara.com, massa pendukung Syaifurrahman dan Ika Rizki Veryani terkonsentrasi dari pagi hari karena merasa tidak puas dengan hasil musyawarah yang berakhir buntu di Bawaslu Kabupaten Dompu, Rabu pagi.

Proses musyawarah yang digelar Bawaslu mempertemukan kedua pihak yang bersengketa yakni tim Bapaslon Syaifurrahman Salman-Ika Rizki Veryani (SUKA) dengan KPU Kabupaten Dompu. Karena hasil musyawarah menemui jalan buntu, massa pendukung SUKA memaksa ingin mendengarkan penjelasan pihak KPU Kabupaten Dompu, namun keinginan itu tidak terpenuhi.

Saat rombongan Bapaslon SUKA dan pihak KPUD Dompu hendak meninggalkan kantor Bawaslu, spontan massa aksi mulai berulah dan berusaha menghalangi mobil yang ditumpangi komisioner KPU Kabupaten Dompu.

Masih dilansir dari Dompubicara.com, karena merasa terancam, mobil minibus warna hitam yang ditumpangi sejumlah komisioner KPU Kabupaten Dompu akhirnya mundur kembali ke dalam halaman kantor Bawaslu Kabupaten Dompu.

Petugas kepolisian pun terus berupaya memenangkan massa. Kantor Bawaslu kemudian “dihujani” batu. Aksi saling dorong antara massa dengan aparat pun tak terelakan.

Untuk meredam aksi anarkis massa, polisi terpaksa menembak gas air mata ke arah massa. Suasana kericuhan pun terjadi, polisi terus berusaha meredam aksi massa.

Water connan dikerahkan. Pasukan Brimob dan Satuan Sabhara dikerahkan, beberapa orang massa tampak ada yang diamankan petugas karena dianggap sebagai perusuh. 






Beberapa orang petugas keamanan juga tampak ada yang terluka akibat terkena lemparan batu.

Berkat kesigapan aparat keamanan, aksi massa akhir mampu dipukul mundur. Para komisioner KPU Kabupaten Dompu yang awalnya tertahan di kantor Bawaslu Kabupaten Dompu akhirnya berhasil dievakuasi oleh petugas.

Kericuhan massa menyebabkan macetnya arus lalulintas di ruas jalan Lingkar Utara Dompu, Nusa Tenggara Barat. [B-11/DB]