Antisipasi Keamanan Pilkada 2020, Polres Dompu Gelar Pra Operasi Mantap Praja Gatarin -->

Iklan Semua Halaman

.

Antisipasi Keamanan Pilkada 2020, Polres Dompu Gelar Pra Operasi Mantap Praja Gatarin

Tuesday, September 1, 2020
Kapolres dan Waka Polres saat memberikan arahan. Foto ist.

Dompu, Berita11.com - Untuk mengantisipasi pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dompu yang digelar pada 9 Desember mendatang, jajaran Kepolisian Resor Dompu menggelar pra operasi mantap praja gatarin, Selasa (1/9/2020) pagi. 

Kegiatan yang berlangsung di aula Mapolres setempat dipimpin Kaops Res AKBP Syarif Hidayat, SH, S.I.K dan Waka Ops Res Lat Pra Ops Kompol, I Nyoman Adi Kurniawan, SH didampingi Kabag Ops AKP Nusra Nugrahan, SH.

Hadir pada kesempatan ini, Kasat Reskrim IPTU Ivan Roland Cristofel, S.T.K, Kabag Ren AKP Herman, Kasubag Bin Ops AKP I Komang Astrawan, Kasat Lantas IPTU I Wayan Sukarsana, SH, Kasat Intelkam Polres Dompu IPTU Makrus, S. Sos, Kasat Samapta IPTU Balok Suswantoro, KBO Sat Lantas IPDA Faturrahman beserta 50 anggota terlibat latihan Pra Ops.

Berikut arahan-arahan yang disampaikan para Kabag dan para Kasat.

Arahan Kaops Res sebagai berikut : 
a. Bahwa kegiatan Lat pra Ops ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam rangka pengamanan Pilkada Kab. Dompu tahun 2020. 

b. Pada masa pilkada ini kita berada dalam masa pandemi Covid-19 untuk itu kita harus menjaga imunitas untuk menjaga kesehatan pada saat Pilkada Kab. Dompu

c. Bahwa Pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 September akan di laksanakan secara terpisah setiap Masing-Masing bakal calon Bupati Dompu. 

d. Kita akan mengamankan pada saat pendaftaran di KPU Kab. Dompu dengan Menutup jalan Bhayangkara apabila situasi meningkat maka akan di pasang kawat berduri didepan Kantor KPU. 
Gelar Pra Operasi Mantap Praja Gatarin sedang berlangsung. Foto ist.

Arahan Kasat Intelkam : 
a. Bahwa situasi menjelang Pilkada sudah meningkat di Kabupaten Dompu. 

b. Untuk di ingat kembali Bahwa pendaftaran bakal Calon bupati akan dilaksanakan tanggal 4-6 september sedangkan untuk kampanye tanggal 26 september sampai 5 Desember sebanyak 71 hari. 

c. Bahwa terkait dengan Pendaftaraan bakal calon dilaksanakan secara terpisah dimulai dari tanggal 4 september bakal calon Bupati ERY-ARYANI akan mendaftar di KPU Kab. Dompu, pada tanggal 5 September 2020 bakal calon JARA PASAKA akan mendaftar dan pada tanggal 06 September 2020 bakal calon SUKA Mendaftar sebagai bakal calon. 

d. Sebagai informasi bahwa sebagai Calon Bupati dompu memiliki syarat yakni minimal 20 persen kursi DPRD Kab. Dompu untuk itu sementara bakal calon yang sudah memenuhi syarat ada tiga calon yakni ERY-HI, JARA PASAKA dan SUKA. 

e. Bahwa Bakal pasangan calon Ery-Hi sudah mengantongi 3 SK partai yakni, PKB,PBB dan PDIP dan surat rekomendasi  dari Partai PKS, Bahwa bakal pasangan calon JARA PASAKA mengantongi 2 SK NASDEM dan GERINDRA dan SUKA sudah mengantongi SK dari PPP, PAN dan satu surat penugasan dari Partai Golkar. 

f. Sebagai TIM Sukses dari ERY-HI yakni Sdr. SUDIRMAN MAJID, TIM sukses JARA PASAKA Sdr. BAMBANG FIRDAUS dan TIM Sukses SUKA Sdr. ABDUL HARIS 

G. Pada saat pendaftaran bakal calon hanya membawa Ketua Tim sukses, sekertaris, Ketua Partai Politik dan istri bakal calon

Arahan Kasubag Bin Ops AKP I Komang Astrawan.
a. Bahwa akan ada penebalan pengamanan di objek vital dalam Pilkada.

b. Dalam kegiatan pendaftaran kita akan sprint kan Polwan Untuk melakukan pemeriksaan.

c. Saya sudah koordinasi dengan Kompi Brimob terkait dengan Kawat barier. 

d. Untuk anggota pam sudah melaksanakan Pam Objek pemilukada untuk selalu siap siaga. 

e. Untuk pengawalan akan segera di siapkan sebagai Walpri. 

Arahan Kasat Lantas IPTU I Wayan Sukarsana.
a. Keterlibatan anggota lantas dalam pilkada mohon untuk di sprin kan oleh Bag Ops. 

b. Terkait dengan pengawalan pengaman Rute dan pergeseran mohon untuk anggota sat lantas di sprinkan ditingkatkan. 

Arahan dari Kasat Samapta IPTU Balok Suswantoro. 
a. Terkait dengan penanganan huru-hara untuk anggota dalmas yang stand by harus di sprinkan. 

Arahan Kasat Reskrim IPTU Ivan Roland Cristofel, S.T.K.
a. Apabila ada anggota terlibat politik praktis dalam pilkada maka akan di tindak. 

b. Untuk anggota saling mengingatkan untuk menimalisir kerawan pilkada. [B-10]