Aparat Gabungan Gelar Apel Persiapan Pengamanan Penetapan Calon Pilkada di Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Aparat Gabungan Gelar Apel Persiapan Pengamanan Penetapan Calon Pilkada di Dompu

Tuesday, September 22, 2020
Pelaksanaan apel Pasukan dalam rangka persiapan pengamanan penetapan calon. Foto ist. 

Dompu, Berita11.com - Aparat gabungan TNI-POLRI, malam ini, Selasa (22/9) menggelar apel pasukan dalam rangka persiapan pengamanan penetapan calon Pilkada 2020 pada Rabu (23/9) besok di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Apel gabungan berlangsung di depan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu yang dihadiri Kapolres AKBP Syarif Hidayat SH S.I.K, Dandim 1614 Dompu Letkol Inf Ali Cahyono S.Kom beserta  PJU Polres dan Kodim 1614 dan diikuti sebanyak 330 personel.

Dandim 1614 Dompu selaku pemimpin apel tersebut menyampaikan bahwa pasukan yang dikerahkan itu sebagai bentuk kesiapan dalam mengamankan semua tahapan pada Pilkada.

"Besok kita akan mengamankan tahapan penetapan calon dari KPU, diharapkan TNI dan POLRI tetap profesional dan netral dalam menjalankan tugas pengamanan. Karena ini adalah tanggung jawab kita," seruan Dandim.

Untuk itu, Lanjut Dandim, mulai dari sekarang pihaknya mengajak sekaligus memberikan arahan terhadap anggota agar lebih memahami tugas dan tanggung jawab serta harus berbuat apa. 

"Mari kita bekerja sungguh-sungguh dalam mengamankan Pilkada dan kita harus memberikan jaminan kepada masyarakat tentang keamanan dan ketertiban demi kemajuan Kabupaten Dompu," pungkas Dandim.

Di tempat yang sama, Kapolres Dompu juga menyampaikan beberapa hal penting terkait persiapan pengamanan Pilkada, salah satunya menindak isu provokator yang sengaja menggagalkan pelaksanaan Pilkada.

"Saya harap kita semua paham tentang tugas dan tanggung jawab kita sebagai aparat keamanan pada semua tahapan Pilkada nanti. Deteksi dini terhadap semua provokator yang sengaja ingin menggagalkan jalannya Pilkada nanti," pinta Kapolres.

Kapolres menegaskan, jika ada muncul isu yang sengaja menghalangi pelaksanaan Pilkada, pihaknya bakal melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.  

"Kita akan tindak tegas pada siapapun yang sengaja menjadi provokator dan membuat gaduh atau mengacaukan situasi keamanan pada proses jalannya pilkada," tegas Kapolres. 

Selain pertegas sebagai mana yang disampaikan Dandim 1614 Dompu, Kapolres juga mengarahkan anggota saat menjalankan tugas tetap pada protokol kesehatan. "Semua tahapan pengamanan Pilkada tetap pada standar kesehatan dan protokol Covid19," pungkasnya. [B-10]