Bapaslon SUKA Tetap Dinyatakan tidak Lolos -->

Iklan Semua Halaman

.

Bapaslon SUKA Tetap Dinyatakan tidak Lolos

Wednesday, September 30, 2020
Mediasi sedang berlangsung. Foto ist.

Dompu, Berita11.com - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati Dompu, H. Syaifurrahman Salman dan Ika Rizky Veryani (SUKA) tetap dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau tidak lolos untuk menjadi peserta Pemilu Kada pada 9 Desember 2020 mendatang.  

Hal itu ditegaskan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu Drs. Arifuddin saat dilakukan mediasi dengan Bapaslon SUKA di Kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu, Rabu (30/9/2020) siang, sekaligus yang menfasilitasi mediasi tersebut.

Meski demikian, Bawaslu akan  membuatkan jadwal sidang terbuka dan akan diserahkan ke Bapaslon dan pihak terkait termasuk tentukan waktu dan hari H nya.

Dalam mediasi berlangsung, Ketua tim kuasa hukum Bapaslon SUKA Kisman Pangeran mengatakan, pihaknya tidak dalam posisi memikirkan yakin atau tidak dari Bawaslu, akan tetapi ia meminta kepada KPU untuk mempertimbangkan massa pendukung SUKA.

"Pihak KPU harusnya bisa memahami situasi dan kondisi pasangan SUKA dengan massa di belakangnya," pinta Kisman.

Menurut Kisman, KPU seharusnya, mempertimbangkan soal keamanan dan stabilitas daerah. Ia berpendapat bahwa KPU harus menyadari kekeliruan dengan menetapkan Bapaslon SUKA sebagai TMS. Selain itu, kekeliruan yang dilakukan KPU dengan menetapkan pasangan lain telah memenuhi syarat (MS). 

"Tidak diloloskannya Bapaslon SUKA untuk menjadi peserta  dalam Pilkada 9 Desember 2020, lebih dominan persoalan politik dari pada persoalan hukum," ujarnya.

Menurut Kisman, dampak putusan KPU Dompu tidak hanya merusak kepentingan pasangan SUKA saja, akan terapi berdampak juga kepada pendukung dan simpatisan SUKA. 

"KPU telah mengabaikan kepentingan puluhan ribu masa pendukung SUKA yang juga memiliki niat untuk membangun Dompu menjadi lebih baik," tandasnya.

Sementara, Komisioner Bawaslu atau Divisi hukum dan penindakan sengketa, Swastari HAZ, SH mengatakan, agenda sidang yakni musyawarah tertutup dengan rincian, penyampaian permohonan pemohon dan kronologis permasalahan dilanjutkan dengan perundingan kesepakatan. 

"Penyusunan kesepakatan
Pemohon dan termohon dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara musyawarah dalam putusan dan penuangan berita acara musyawarah dalam putusan," kata Swastari.

Mediasi antara Pemohon SUKA dan termohon KPU Dompu dipimpin Ketua Bawaslu Drs Irwan dan didampingi dua orang komisioner, turut hadir ketujuh kuasa hukum SUKA (Advokad) di antaranya Samsuddin, SH, Kisman Pangeran, SH, Rusdiansyah, SH, MH, Suharto Baco, SH, Zaidun, SH, Dwi Yudha Yhana, SH dan Amirullah, SH.

Hadir pula Bapaslon H Syaifurrahman Salaman dan Ika Rizky Veryani (SUKA) dan kurang lebih 500 orang massa simpatisan dan pendukung SUKA. [B-10]