Diawali Salat Mayit di Halaman Masjid, Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan di TPU Samili -->

Iklan Semua Halaman

.

Diawali Salat Mayit di Halaman Masjid, Jenazah Pasien Covid-19 Dimakamkan di TPU Samili

Thursday, September 3, 2020
Sebelum Dimakamkan, Jenazah Pasien Covid-19 Disalatkan di Halaman Masjid Al Hidayah Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Kamis (03/09/2020) Pagi.

Bima, Berita11.com— Pasien positif Covid-19, Ny SH (60) yang meninggal dunia pada Rabu, 2 Agustus 2020 setelah sempat dirawat di RSU Provinsi NTB, dimakamkan dengan protokol Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Desa Samili, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Kamis (03/09/2020) pagi.

Proses pemakaman yang dilaksanakan petugas Gugus Tugas Covid-19, disaksikan warga dan kerabat almarhumah. Kegiatan dialawi salat jenazah di halaman depan Masjid Al Hidayah Desa Samili Kecamatan Woha, Kabupaten Bima dengan posisi mayat tetap di dalam ambulan Nopol DR 9317. Salat mayit diikuti lebih kurang 12 anggota keluarga almarhumah.

Informasi yang dihimpun Berita11.com/ TVSebelas.com, sebelum dinyatakan meninggal dunia pada 02 Agustus 2020, almarhumah memeriksakan kesehatannya, yang mana ketika itu almarhumah didiagnosis menderita penyakit paru. Kemudian pada 5 Agustus 2020, kerabat almarhumah memeriksakan ulang kondisi kesehatan Ny SH. 


Hasil pemeriksaan laboratium, dinyatakan positif tumor ganas, sehinga anggota kerabatnya meminta agar pihak RSUP NTB mengoperasi Ny SH. Berselang beberapa hari atau pada 24 Agustus 2020, almarhumah dioperasi. Petugas medis juga melakukan rapid test terhadap Ny SH dan hasilnya diketahui positif Covid-19. Berselang lima hari setelah itu, almarhumah mengebuskan napas terakhir pada Rabu petang.

Salah satu anggota kerabat Ny SH sempat melakukan protes karena salah satu anak almarhumah yang menemani di RSUD tidak dilengkapi APD hingga dinyatakan positif Covid-19 yang tertular ibunya.

Prosesi pemakaman jenazah pasien Covid-19 tersebut juga diikuti Camat Woha,Irfan DJ SH, Sekcam Woha Amiruddin S.Sos, Kapolsek Woha IPTU Edy Prayitno dan anggota Polsek Woha, Danramil dan anggota Koramil Woha, Kepala Puskesmas Woha, dr Dewi dan petugas Covid-19, Kepala Desa Samili Bambang dan anggota Trantib Kecamatan Woha.

Sebelum prosesi pemakaman, Camat Woha, Irfan DJ SH menyampaikan sejumlah imbauan. Di antaranya meminta pihak kerabat Ny SH untuk mengiklaskan kepergian almarhumah.

“Saya juga berharap dalam hal ini (almarhumah) untuk dimakamkan sesuai dengan prosedur Covid-19, dengan tidak mengurangi akidah dan hukum Islam,” katanya.

Dijelaskannya, boleh melaksanakan salat mayit. Akan tetapi posisi mayat tetap dalam ambulan.

Prosesi pemakaman jenazah almarhumah Ny SH berlangsung aman dan tertib sebelum waktu zuhur. [B-12]