Dorong Semangat Kerja Polri dan TNI di Dompu, Dr. Aqua Sharing Motivasi -->

Iklan Semua Halaman

.

Dorong Semangat Kerja Polri dan TNI di Dompu, Dr. Aqua Sharing Motivasi

Tuesday, September 15, 2020
Dr. Aqua Dwipayana saat menyampaikan materinya. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Dr. Aqua Dwipayana melakukan sharing komunikasi dan memberi motivasi kepada personel Polres Dompu dan anggota TNI Kodim 1614 Dompu, Senin (14/9/2020) malam.

Hal itu dilakukan guna mendorong semangat kerja bagi anggota TNI dan Polri di tengah pandemik Covid-19, dan kegiatan tersebut berlangsung di aula Mapolres Dompu.

Dr. Aqua saat menyampaikan materinya memberikan motivasi terhadap prajurit TNI dan personel Polres Dompu agar jangan pernah menganggap bahwa diri kita lebih dari yang lain.

Dan sekecil apapun kesalahan itu, kita harus meminta maaf, orang minta maaf itu bukan negatif malah orang tersebut memiliki jiwa yang besar, termasuk dalam hal jabatan,

"Tidak ada dalam aturan bahwa kesalahan komandan dibiarkan, nggak ada komandan itu kalau salah nggak harus minta maaf, justru anggota itu lebih perfek dan lebih hormat apabila komandan itu berjiwa besar," tuturnya.

"Setinggi apapun pangkat atau jabatan kita, ketika kita menyuruh orang lain, tetaplah dengan senyuman dan menyampaikan minta tolong dan jangan lupa setelah itu kita menyampaikan terima kasih," sambungnya.

Dr. Aqua menerangkan, cara menjaga kesehatan yang baik lakukan tiga hal secara konsisten supaya kehidupan manusia baik pikiran maupun hati pasti akan terasa indah bersih dan tenang.

"Ketika ada orang yang sakiti kita, yang pertama kita lakukan adalah kita maafkan dan kita do'akan, nggak usah dibalas, karena kalau dibalas apa jadinya kita dengan orang yang bersangkutan," terangnya.

"Komunikasinya harus baik dengan siapapun dan yang selalu berpikir positif, menganggap semuanya akan baik-baik, yang buruk itu adalah milik yang maha kuasa," motivasinya.

Ia menjelaskan, pentingnya berteman atau berhubungan dengan siapapun mengalahkan segalanya, sehingga bisa berada di tengah orang-orang nomor satu di Provinsi NTB meskipun ia tidak mempunyai jabatan atau pangkat.

Yang membuat dirinya bisa berada di tengah orang-orang petinggi di NTB ini, selain kehormatan, Dr. Aqua menjalani tiga hal sehingga bisa sampai bertatap muka dengan aparat TNI dan Polri di wilayah hukum Bumi Nggahi Rawi Pahu.

"Saya berada di Polres se-NTB ini, termasuk Kodim dan Korem, karena saya melaksanakan 3K yaitu yang Pertama: menjaga KEWIBAWAAN dan berintegritas atau kejujuran. kedua: Melaksanakan KOMITMEN atau penuhi janji dan Ketiga: KONSISTEN," urainya.

Prajurit TNI maupun Polri, lanjut Dr. Aqua, masing-masing mempunyai janji yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh dan dipatuhi.

Polri mempunyai dua janji diantaranya, Tri Brata dan Catur Prasatya, sedangkan TNI memiliki tiga janji yakni Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan Wajib TNI.

"Kalau kita bisa melaksanakan itu semua, Insya Allah, bukan hanya di dunia tapi di akhirat juga kita dapat, lakukan dengan hati yang ikhlas," ia kembali memotivasi anggota Polri dan TNI.

Menurut Dr. Aqua, banyak orang di muka Bumi ini, yang tidak konsisten atau kejujuran karena ketakutan yang tidak beralasan, salah satu contoh, Polri dan TNI menjalankan tugas tidak jujur, karena takut dicopot dari jabatannya.

"Pada hal kita harus meyakini bahwa dunia ini sebelum dibentuk, Allah sudah mencatat rezeki seseorang dan tidak pernah ketukar," isyaratnya.

Tak hanya itu, Dr. Aqua juga menyarankan, menjadi seorang aparat tidak diharuskan untuk otoriter baik ditempat kerja maupun dalam keluarga.

Karena, menurut dia, jika penerapan tindakan otoriter dilakukan maka pekerjaan yang akan dilaksanakan akan amburadul dan tidak tertata rapi begitu pula dalam keluarga.

Anak-anak, kata dia, harus diberikan apresiasi dan tidak menegur atau memarahinya depan orang, hal itu, anak-anak bisa minder dan malu sehingga melahirkan pemikiran anak pada arah yang negatif.

"Upayakan kita harus ramah dan menghargai mereka (anak, red) depan orang maupun sahabatnya, karena, akan meningkatkan pemikiran positif, sehingga menciptakan manusia yang berkualitas dan berkuantitas," arahan Dr. Aqua.

Hadir pada acara tersebut Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH. S.I.K beserta personel juga PJU Polres Dompu dan Dandim, Letkol inf Ali Cahyono S.Kom, beserta sejumlah anggota prajutir Kodim 1614 Dompu. [B-10]