Jelang Pendaftaran Capasbup, Forkopimda Dompu Cek Kesiapan KPU -->

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Pendaftaran Capasbup, Forkopimda Dompu Cek Kesiapan KPU

Thursday, September 3, 2020
Unsur Forkopimda saat kunjungi KPU Dompu. Foto ist.

Dompu, Berita11.com - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Dompu, Kamis (3/9/2020) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dompu. 

Hal ini dilakukan dalam rangka pengecekan kesiapan KPU menjelang pendaftaran Calon Pasangan Bupati (Capasbup) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pelkada) pada 9 Desember mendatang. 

Pada kegiatan ini, terlihat hadir  
Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH S.IK, Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono S.Kom, Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin, Ketua KPU Dompu Drs. Arifuddin, Kepala Kejaksaan diwakili Pasi Intel Jaksa Indra.

Kemudian, Kepala Dishub, Kepala Dikes Dompu Maman S.Km, Kepala BPBD Jufri ST, M.Si, Ketua Bawaslu Dompu Drs. Irwan, Komisoner KPU, 
Kasat Intelkam IPTU Makrus S.Sos 
PJU Polres Dompu dan pihak lainnya. 

Dihadapan para pihak, Ketua KPU Drs. Arifuddin menyampaikan, terkait dengan urutan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu yakni berdasarkan Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota serentak dalam kondisi non alam Covid-19.

"Jumlah peserta yang hadir dibatasi yang boleh hadir bakal pasangan calon, pimpinan partai politik (Ketua dan Sekertaris), tim sukses, pasangan bakal calon (Suami+Istri) dan dua LO total 15 orang bisa masuk ke ruang pendaftaran, sebelum H-1 diserahkan nametag oleh KPU Dompu," kata Ketua KPU.

Arifuddin menyebutkan, bakal calon akan melewati Kantor DPRD Dompu dan dilakukan pemeriksaan nametag yang dilakukan anggota KPU, kemudian menuju KPU.

"Sebelum memasuki kantor KPU, dilakukan pengecekan metal detektor, mencuci tangan dengan handsanitizer, mengukur suhu tubuh, kemudian masuk menyerahkan Dokumen kelengkapan partai politik," jelas Drs. Arifuddin. 

Menurutnya, setelah diperiksa oleh Tim Ketua KPU dan dilanjutkan dengan input disilon. Setelah itu, dilaksanakan rapat pleno dan penyerah berita acara berkas di terima atau tidak diterima. 

"Acara pendaftaran bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati di Kantor KPU tetap menggunakan protokol Covid-19 seperti memakai masker, phisical distancing, memakai hand sanitizer, dan mengecek suhu tubuh," terangnya. [B-10]