Mahasiswa UMM Bantu Warga Desa Palaan Panen Tomat -->

Iklan Semua Halaman

.

Mahasiswa UMM Bantu Warga Desa Palaan Panen Tomat

Friday, September 25, 2020
Sejumlah Mahasiswi PKM UMM Membantu Warga Desa Palan Memanen Tomat.
Sejumlah Mahasiswi PKM UMM Membantu Warga Desa Palan Memanen Tomat. 


Malang, Berita11.com— Anggota Kelompok 85 Gelombang IX Kegiatan Pengabdian Masyarakat , Universitas Muhammadiyah Malang (PKM UMM) membantu kegiatan panen tomat milik warga di Desa Palaan, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Sebagaimana diketahui, masyarakat warga Desa Palaan bekerja sebagai petani. Hal tersebut membuat mahasiswa UMM yang melaksanakan PKM di wilayah setempat turut serta membantu petani.

Anggota Kelompok 85 Gelombang IX PKM UMM, Aulia Safitri Rahmadahani mengatakan, keterlibatan mahasiswa peserta PKM UMM sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian terhadap warga. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari ke-18 PKM.

“Kali ini yang dipanen adalah tomat. Di sini, mahasiswa dan warga bekerja sama memanen agar pekerjaan cepat terselesaikan. Tomat yang sudah dipanen nantinya akan dijual,” ujarnya, Jumat (25/09/2020).

Dia mengatakan, rata-rata harga tomat di tingkat produsen di Desa Palaan, Rp2.500/ kg, sedangkan di pasar berkisar antara Rp5.000-Rp7.000 per kg. Selain petani tomat, sebagian warga setempat bertani tebu dan jagung. “Banyak sekali kegiatan yang dilakukan dalam membantu masyarakat di sekitar desa ini,” ujar Aulia.

Meskipun masih dilanda pandami Covid-19, petani tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa dengan memerhatikan protocol pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker dan mencuci tangan, sebagaimana anjuran Gugus Tugas Covid-19. [B-19]