Paslon Tanda Tangan Komitmen, Kapolres Bima Kota Ingatkan agar Simpatisan tidak Provokatif -->

Iklan Semua Halaman

.

Paslon Tanda Tangan Komitmen, Kapolres Bima Kota Ingatkan agar Simpatisan tidak Provokatif

Tuesday, September 29, 2020

Kapolres Bima Kota, AKBP Haryo Tedjo Wicaksono S.I.K Menyampaikan Sambutan.
 

Kota Bima, Berita11.com— Tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima, peserta Pilkada 2020 menandatangani komitmen Pilkada damai, Selasa (29/09/2020). Doa bersama dan ikrar Pilkada damai ditandatangani ketiga Paslon dalam kegiatan yang dihelat di halaman Mako Polres BIma Kota, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bima.


Dalam sambutannya, Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tedjo Wicaksono mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan bertujuan agar tercipta situasi kondusif pada pelaksanaan tahapan Pilkada serentak Kabupaten Bima.


“Serta memberikan penekanan kepada para Paslon agar menginstruksikan kepada simpatisan pendukungnya untuk tidak melakukan hal-hal yang bersifat profokatif yang dapat menimbulkan konflik sosial,” katanya.


Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan berdoa meminta yang terbaik untuk Kabupaten Bima.


“Kabupaten Bima saat ini sedang melakukan Pilkada, sehingga perlu kita meminta doa kepala Tuhan yang Maha Esa semoga diberikan petunjuk untuk yang terbaik,” ujarnya.


Pihaknya mengingatkan,  apabila ada pendukung dan simpatisan pasangan calon saat kampanye melanggar peraturan, maka pihak pertama yang akan dipanggil tim sukses. “Untuk saya panggil dan saya ambil keterangannya, karena suatu gerakan pasti ada penggeraknya. Simpel saja saya, tidak mau ambil pusing,” katanya.


Kapolres juga mengingatkan, agar semua Paslon dan tim sukses mematuhi peraturan dan ketentuan saat pendemi Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. “Kesehatan itu lebih penting, jangan sampai dengan adanya Pemilukada ini timbul klaster-klaster baru,” katanya mengingatkan.


Adapun Penjabat Bupati Bima, Ir H Muhammad Husni Thamrin M.Si mengatakan, implementasi komitmen yang ditandangani Paslon merupakan hal penting.


“Hari ini kita akan berdoa bersama dan berkomitmen bahwa tidak ada yang lebih berkuasa selain Allah SWT. Penandatanganan komitmen dari seluruh Paslon beserta penyelenggara Pilkada, hal ini penting untuk kita samakan dalam komitmen tersebut,” katanya.


Dijelaskan, tugas dirinya  memelihara Kamtibmas masyarakat Bima dan memfasilitasi pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bima serta menjaga netralitas ASN.


“Saya juga bertugas sebagai Ketua Satgas Pencegahan Covid-19. Saya berharap pada tahapan Pilkada nantinya agar mematuhi protokol Covid-19,” harapnya.


H Husni juga mengajak semua kalananga menjaga kedamaian pra dan paskapelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Bima. 


Hal yang sama diharapkan Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo S.I.K. “Kami selaku Apkam akan berusaha menciptakan situasi yang kondusif. Pada pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bima semua unsur penyelenggara harus netral. Pilkada di masa pendemi kita harus mengikuti protokol kesehatan, semoga selama pelaksanaan Pilkada tidak memunculkan kluster baru,” harapnya.



Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran SH mengatakan, pihaknya bersama Kapolres Bima Kota dan Kapolres Bima berkomitmen berkaitan tahapan kampanye, termasuk kepatuhan terhadap protokol kesehatan Covid-19.


“Inilah yang ingin kita komitmen bersama di pagi menjelang siang ini. Kampanye pada tahun ini ada perbedaan perlakuan antara kampanye pada Pilkada sebelumnya dengan Pilkada saat ini. Dalam UU yang mengatur tentang kampanye PKPU 10  dan yang terakhir adalah PKPU 13,” katanya.


Menurut Imran, sudah tidak ada pembagian zona melalui rapat umum. “Sudah tidak ada rapat umum terbuka, tidak ada pengerahan massa dikumpulkan di satu titik dan tidak terjadi kerumunan, yang ada  adalah pertama rapat tertutup dalam ruangan tertutup dibatasi 50 orang kemudian jaga jarak minimal satu meter, tetap pakai masker saat sebelum masuk ruangan, peserta dilakukan pemeriksaan kesehatan Covid19,” katanya.


Selain Kapolres Bima Kota AKBP Haryo Tedjo Wicaksono dan Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, kegiatan juga dihadiri Dandim 1608 Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal, Ketua PN Bima  Haris Tewa, Pj Bupati Bima Ir Muhammad Husni Thamrin M.Si, Ketua KPU Kabupaten Bima  Imran, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Abdullah, Kajari Bima Suroto, Kasat Pol PP Kabupaten Bima Sumarsono, para Paslon Pilkada Kabupaten Bima, dan pimpinan Parpol. [B-12]