SDN 1 Dompu Canangkan Pelaksanaan KBM Tatap Muka di Masa Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

.

SDN 1 Dompu Canangkan Pelaksanaan KBM Tatap Muka di Masa Covid-19

Wednesday, September 2, 2020
Nampak depan gedung Sekolah Dasar Negeri 1 Dompu. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Sekolah Dasar Negeri 1 Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu merencanakan bakal melaksanakan pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka selama masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan kepala SDN 1 Dompu Hj. Suharti, S.Pd saat menggelar kegiatan bahwa sekolah yang ia pimpin dicanangkan sebagai sekolah rujukan tatap muka pada masa pandemi Covid-19, Rabu (2/9/2020) siang.

Menurut Hj. Suharti, SDN 1 Dompu telah menyiapkan segala sesuatunya, sesuai standar Covid-19, mulai dari sarana maupun prasarana sehingga berinisiatif untuk melaksanakan PKBM secara tatap muka.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk tempa mencuci tangan sejumlah 16 titik, kemudian sanitizer, masker, apalagi, kami juga ada penyaluran bantuan dari BPBD, Insya Allah kami sudah siap semuanya," kata Hj. Suharti.

Untuk itu, Hj. Suharti besar harapan terhadap Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu mengeluaekan rekomendasi atau surat keputusan untuk sekolah yang dipimpinnya dapat melaksanakan KBM secara tatap muka.

"Saya selaku yang kepala sekolah sangat berharap ada surat dari pak Gubernur NTB melalui pak Bupati tentang dibukanya KBM tatap muka ini," harap Kepala SDN 1 Dompu. 

Ia mengeluhkan, selama KBM daring banyak sekali yang menjadi kendala selain jaringan yang selalu macet banyak juga di antara siswa maupun siswi yang belum memiliki Android untuk mengikuti giat belajar melalui online.

"Terus terang saja, melalui belajar daring selama ini, kami sangat kesulitan, selain anak-anak yang nggak punya android apalagi yang dibutuhkan daring itu membutuhkan android, yang belum punya android itu, bapak dan ibu guru di sini mendatangi tiap-tiap rumah anak-anak," keluh Hj. Suharti.

Di tempat yang sama Kepala BPBD Jufri, ST. M.Si kepada Berita11.com menyatakan, boleh atau tidaknya sebuah sekolah melaksanakan proses PKBM tatap muka, tetap mengacu pada Surat Keputusan (SK) Bupati.

"Nanti saya akan tetap mengacu kepada apa yang direkomendasikan oleh Kepala Puskesmas, apakah sekolah ini layak untuk menjalankan proses KBM secara tatap muka atau tidak, nanti setelah ada surat resmi dari Bupati," kata Jufri.

"Apakah semua empat unsur itu sudah bisa dipenuhi semua atau belum, nanti saya akan melakukan evaluasi, baru dikeluarkan surat resmi dari Bupati, sekolah-sekolah mana yang layak untuk melakukan proses KBM secara tatap muka," sambungnya.

Meski demikian, Jufri menginginkan sesuai dengan keputusan empat Kementerian yang masih ditunggu minimal akhir September 2020 ini, yang menyatakan bisa dilakukan proses belajar tatap muka, tentunya tetap pada protokoler Covid-19.

Jika nantinya dilakukan proses KBM tatap muka sesuatu kesepakatan keempat Menteri, pihaknya bakal melakukan pantau dan kita evaluasi sehingga kedepan bakal keluar sekolah-sekolah yang layak.

"Jadi, yang kita butuhkan sekarang ini adalah bagaimana kesiapan sekolah untuk menyiapkan sarana dan prasarana sesuai protokoler Covid-19," pungkasnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala Bidan Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Zainal Afrozi, S.Pd.MM juga berkeinginan agar sekolah yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini kembali melaksanakan proses KBM secara tatap muka meski di bawah protokol Covid-19.

"Karena lama juga kita tidak sekolah, jadi rindu dengan dunia pendidikan dengan cara tatap muka, kebetulan ada surat edaran Kementerian yang membolehkan kita untuk melaksanakan KBM secara tatap muka di masa pandemi maka kita bersyukur," ucap Dae Fery.

"Dan saya berharap, seluruh sekolah yang ada diperbolehkan untuk KBM secara tatap muka kembali seperti biasa, tanpa terkecuali, walaupun kita tetap memenuhi standar Covid-19," pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan pencanangan KBM SDN 1 Dompu secara tatap muka dirangkaikan dengan Pembinaan dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadis Dikpora) M. Amin, S. Sos kepada seluruh Pengawas, Guru dan Kepala Sekolah lingkup UPTD Dikpora Kecamatan Dompu. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sosialisasi Samsat.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daeran (BPBD), Jufri, ST M.Si, Kepala Dinas Dikpora M. Amin, S. Sos, Kabid Dikdas Zainal Afrozi, S.Pd.MM dan seluruh guru dan Kepala Sekolah se-kecamatan Dompu. [B-10]