Selain Kades dan Perangkatnya, Oknum ASN di Pekat Diperiksa Bawaslu -->

Iklan Semua Halaman

.

Selain Kades dan Perangkatnya, Oknum ASN di Pekat Diperiksa Bawaslu

Wednesday, September 2, 2020
Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari HAZ, SH. Foto ist.

Dompu, Berita11.com - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dompu memeriksa Kepala Desa (Kades) Tambora dan salah seorang perangkatnya bagian Kepala seksi Kesejahteraan rakyat, Selasa (1/9/2020) siang.

Selain Kades dan Perangkatnya, salah seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) dari jajaran Unit Pelayanan Tekhnis Dinas (UPTD) Dikpora Kecamatan Pekat diperiksa Bawaslu karena diduga aktif mengikuti dalam setiap kegiatan Bakal Calon Bupati.

Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Dompu,  Swastari HAZ, SH kepada Berita11.com mengatakan, oknum tersebut dipanggil di Panwascam Pekat untuk dilakukan pemeriksaan namun Kades tidak kooperatif.

"Saat akan diperiksa Kades mangkir tidak mengindahkan panggilan bahkan melarang perangkat desanya untuk memenuhi panggilan Panwascam tapi perangkat desanya tetap hadir di sekretariat Panwascam," ungkap wanita yang cukup humoris ini.

Menurut wanita yang familiar dipanggil Acha Tari ini, bukan kali pertamanya Kades mengikuti kegiatan salah satu Bacabup di wilayah Kecamatan Pekat, namun sudah berkali-kali bahkan Kades tersebut telah diberikan peringan untuk tidak ikut terlibat dalam politik praktis.

"Sebelumnya, yang bersangkutan sudah pernah diperiksa oleh Panwascam Pekat, hingga dikeluarkan rekomendasikan ke Bupati, tapi tidak jera dan kembali mengulang perbuatannya," seruan wanita yang juga dikenal cukup tegar ini.

Sementara salah satu ASN yang diketahui ikut hadir dalam kegiatan Bacabup beberapa waktu lalu juga dilakukan pemanggilan untuk diperiksa, saat diperiksa, oknum tersebut mengakui atas perbuatannya karena diajak oleh satu temannya Kepala SDN di wilayah Kecamatan Pekat.

"Satu orang ASN juga diperiksa, dirinya mengaku, kehadirannya di tempat kegiatan silaturrahmi salah satu Bacabup saat itu, karena diajak oleh salah satu temannya, akhirnya kami melakukan pembinaan," pungkas Acha Tari. [B-10]