Soal Pembuatan Surat Rujukan, Kepala Puskesmas Mpunda Tegaskan Tetap Dilayani -->

Iklan Semua Halaman

.

Soal Pembuatan Surat Rujukan, Kepala Puskesmas Mpunda Tegaskan Tetap Dilayani

Monday, September 21, 2020
Kepala Puskesmas Mpunda Nurahdiah, A.Md.Kep. SE. Foto ist.

Bima, Berita11.com - Kepala Puskesmas Mpunda Kota Bima Nurahdiah, A. Md, Keb. SE menegaskan, setiap keluhan warga masyarakat tetap dilayani sesuai prosedur yang berlaku.

Masalah keluhan salah seorang warga yakni Ridwan yang ingin membuat surat rujukan istrinya yang dinilai "kaku" dalam hal pelayanan, Nurahdiah menyebutkan Puskesmas tidak pernah mempersulit pasien.

Apalagi Puskesmas Mpunda adalah satu-satunya Puskesmas dengan predikat yang baik dan terakreditasi utama di Kota Bima.

"Kami tetap melayani pasien sesuai aturan yang berlaku, kebetulan tadi saya mengikuti rapat Vicon dengan pemerintah Provinsi, dan hal itu saya diceritakan dari perawat poli, sekali lagi kita tidak pernah mempersulit pasien," tegas Nurahdiah, Senin (21/9/2020) sore.

Kepala Puskesmas Mpunda menjelaskan, pada saat membuat surat rujukan, pihak Puskesmas sudah memberitahukan terlebih dahulu agar surat rujukan yang dibuat jangan sampai hilang. Karena, satu kali dibuat berlaku hingga tiga bulan.

"Yang namanya surat rujukan itu sekali dibuat tiga bulan berlakunya, dan surat rujukan yang dibuat oleh bapak Ridwan itu sudah hilang dan terpaksa kami buat ulang kembali," bebernya.

Saat itu juga, Nurahdiah menambahkan, Puskesmas langsung membuatkan surat rujukan tersebut. Namun pihak Puskesmas tetap memberikan pemahaman terhadap yang bersangkutan.

"Kita sudah buatkan surat rujukan itu, namun kami tetap memberikan edukasi bahwa surat rujukan itu satu kali dibuat tiga bulan berlaku biar keluarga pasien tidak bolak balik Puskesmas," terangnya. [B-10]