Curi Kambing, Dua Pria Warga Desa Saneo Digiring ke Mapolres Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Curi Kambing, Dua Pria Warga Desa Saneo Digiring ke Mapolres Dompu

Tuesday, October 20, 2020
AH dan DM terduga pelaku curi ternak kambing yang diamankan Tim PUMA Polres Dompu. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Dua pria asal Desa Saneo, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu masing-masing berinisial AH (20) dan DM (17) digiring oleh Tim PUMA ke Mapolres Dompu guna menjalani proses hukum.


Dua pemuda ini ditangkap Tim Puma Polres Dompu, pada Senin (19/10/20) sekira pukul 21.00 Wita karena diduga mencuri seekor ternak kambing milik Hadijah (66) yang merupakan warga desa yang sama.


Kasat Reskrim Polres Dompu IPTU Ivan Roland Cristofel S.T.K melalui PAUR Subbag Humas AIPTU Hujaifah membenarkan hal itu, dan kedua terduga pelaku saat ini tengah diamankan di Mapolres Dompu.


"Ya benar, saat ini kedua terduga pelaku sudah kami amankan untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut atas dugaan pencurian ternak," akuinya. 


Ia menjelaskan, perbuatan kedua terduga pelaku telah melanggar pasal 363 ayat 1 ke (1) KUHP yang terjadi pada Senin 19 Oktober 2020 sekira pukul 18.15 Wita.


Menurut Hujaifah, pencurian ternak tersebut diketahui pada sore hari setelah korban mengecek jumlah kambingnya yang pulang ke kandang setelah seharian dilepas, dari hasil pengecekan, korban mengetahui bahwa jumlahnya berkurang. 


"Atas berkurangnya jumlah ternak kambing itu, korbanpun menceritakan pada warga setempat sekaligus mempertanyakan tentang kehilangan kambingnya," ungkap Hujaifah.


Ternak kambing tidak dapat ditemukan akhirnya korban memutuskan untuk melaporkan ke Mapolres Dompu dengan Laporan Polisi Nomor LP/K/413/X/2020/NTB/Res.Dompu. Tanggal 19 Oktober 2020.


Mengetahui adanya laporan itu, Kasat Reskrim memerintahkan Tim PUMA untuk segera melakukan penyelidikan terkait laporan itu.


"Merespon perintah Kasatnya, Tim PUMA yang dipimpin Bripka Zainul bergerak cepat melakukan penyelidikan dan pengembangan beberapa informasi terkait hal tersebut," bebernya.

Seekor kambing BB yang sudah disembelih. Foto ist.

Dari hasil penyelidikan, lanjut Hujiafah, petugas mendapatkan informasi dari seorang saksi yang melihat kedua terduga berboncengan dengan membawa karung plastik berisi seekor kambing yang sudah disembelih menuju ke arah Lingkungan Dorongao, Kelurahan Kandai Satu tepatnya di rumah warga yang diketahui bernama Somi.


"Menindaklanjuti informasi tersebut anggota menuju ke tempat tersebut, tiba di Lingkungan Dorongao, akhirnya, upaya penyelidikan berhasil ditemukan dan kedua terduga memang ada di tempat tersebut hendak menjual kambing hasil curiannya," terang Hujaifah.


Petugas selanjutnya menggiring keduanya beserta barang bukti (BB) ke Mapolres Dompu guna diproses hukum lebih lanjut.


Di hadapan polisi kedua terduga mengakui perbuatannya dan menjelaskan kambing tersebut dicuri di so kampo dobu, Desa Saneo saat kambing sedang makan


"Usai ditangkap, kemudian mereka (terduga pelaku, red) menyembelih agar lebih mudah membawa kambing tersebut melewati perkampungan," tutur Hujaifah yang dikutip dari keterangan terduga pelaku.


Dari penguasaan kedua terduga, pihak penyidik menyita beberapa BB yaitu satu ekor Kambing dalam keadaan sudah disembelih, satu bilah parang lengkap dengan sarungnya, satu buah karung plastik, satu unit Sepeda Motor Honda Fino Sporty.


"Kasus ini segera ditangani untuk kelengkapan administrasi beserta proses penyidikan lainnya, keduanya sudah ditahan dan berhubung salah satunya dibawah umur maka untuknya yang masih dibawah umur akan ditangani sesuai dengan Undang-undang perlindungan anak," tandas Hujaifah yang dikutip dari pernyataan Kasat Reskrim. [B-10]