Digelar Dua Sesi, 473 Wisudawan Angkatan XIV STKIP Taman Siswa Dikukuhkan sebagai Sarjana -->

Iklan Semua Halaman

.

Digelar Dua Sesi, 473 Wisudawan Angkatan XIV STKIP Taman Siswa Dikukuhkan sebagai Sarjana

Sunday, October 11, 2020
Rapat Senat Terbuka Wisuda Angkatan XIV STKIP Taman Siswa Bima di Auditorium Sudirman.


Bima, Berita11.com— Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Taman Siswa Bima (STKIP TSB) menggelar wisuda angkatan XIV tahun 2020 di Auditorium Sudirman Sabtu dan Minggu, 10-11 Oktober 2020.

Kegiatan wisuda yang digelar di tengah pandemi Covid-19 ini dibagi dalam dua sesi atau dua hari berturut-turut untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kabag Humas STKIP Taman Siswa Bima, Suratman M.Pd menjelaskan, wisuda berlangsung aman dan lancar selama dua hari dengan tetap memerhatikan protokol pencegahan Covid-19. Prosesi wisuda juga disiarkan secara online melaui media sosial resmi Youtube STKIP Taman Siswa Bima, zoom dan official facebook STKIP Taman Siswa Bima.

Dijelaskan, hal tersebut untuk memenuhi keinginan keluarga yang tidak bisa hadir karena pembatasan pendamping saat wisuda berlangsung.

Hari pertama wisuda angkatan XIV STKIP Taman Siswa Bima juga dihadiri Pjs Bupati Bima, Ir Husni Thamrin M.Si, sedangkan prosesi wisuda sesi kedua pada 11 Oktober 2020 dihadiri Asisten III Setda Kabupaten Bima.

Dalam prosesi wisuda Dr Abdurrahim Al Basyir, M.Pd , Presiden Direktur Al-Wildan International Islamic School Jakarta menyampaikan orasi ilmiah berjudul Manusia yang Menang di Masa Depan.

Pada wisuda angkatan XIV tahun 2020, STKIP Taman Siswa Bima meluluskan 473 wisudawan yang terdiri dari S1 Pendidikan Fisika 11 wisudawan, Pendidikan Matematika (9), Pendidikan Sejarah (16), Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (90), Pendidikan Bahasa Inggris (44), Pendidikan Teknologi Informasi (63) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (240).

Saat Rapat Senat Terbuka STKIP Taman Siswa Bima, juga dikukuhkan wisudawan dan wisudawati terbaik dari setiap program studi yaitu Edi Irawan, Firdaus, Suri Dewi (Pendidikan Fisika), Nurwahidah, Khairunnisa, Nila Muftiha (Pendidikan Matematika), Ade Fathul Anam Putra, Sri Wahyuningsih, Susanti (Pendidikan Sejarah), Adam Hanafi, Burhanuddin, Abdul Rajak (Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi), Reynaldi Saputra, Nut Fitri Ayu Cahyani, Hanifatullah Ashfahani (Pendidikan Bahasa Inggris), Aminah, Suci Rahmawati Putri, Ardi Yanto (Pendidikan Teknologi Informasi), Faridah, Nursi, Bunga Arini, Siti Sarafiah, Sarifudin, Opik Darmawan, Edirman (Pendidikan Guru Sekolah Dasar). 




Dalam sambutannya, Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun M.Si menyampaikan pidato berjudul Sarjana Beradab yang Inovatif dan Tangguh di Era Covid-19.

Dikatakan, STKIP Taman Siswa merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Bima Provinsi NTB yang berdiri pada tahun 2007. Pada awalnya terdiri dari lima program studi kependidikan yaitu Prodi Pendidikan Sejarah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek).

Untuk mendukung pendirian lima program studi tersebut juga didirikan 12 lokal gedung kuliah dan kantor di atas tanah 17 are yang menjadi awal dari proses tri dharma STKIP Taman Siswa Bima.

Dikatakannya, sejalan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta tantangan global yang menuntut persaingan yang ketat, pada tahun 2013 STKIP Taman Siswa Bima menambah dua program studi baru yaitu program studi Pendidikan Teknik Informatika (PTI) dan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

“Pendirian program studi baru tersebut untuk memenuhi minat masyarakat serta kebutuhan dunia pendidikan di NTB khususnya percepatan akses serta pemerataan disegala bidang termasuk dalam bidang pendidikan dan pengajaran,” katanya.

Lima program studi di STKIP Taman Siswa Bima telah terakreditasi B. Memasuki 13 tahun berdiri, STKIP Taman Siswa Bima tetap konsisten pada visi pendidikan untuk peradaban. Visi tersebut telah diimplementasikan secara menyeluruh pada tri dharma STKIP Taman Siswa Bima, yang mana beradab adalah kata kunci implementasi pendidikan yang selama ini dilaksanakan.

Dijelaskan Ibnu, BERADAB selain merupakan kata sifat yang menggambarkan moralitas dan karakter yang tinggi, juga merupakan akronim dari berani, energik, rasional, aktual, dialogis, amanah dan berkarakter. Akronim BERADAB tersebut terpatri di dalam visi dan misi yang terkonsep dan diimplementasi dalam tri dharma, sehingga lulusan STKIP Taman Siswa Bima telah disiapkan menjadi sarjana yang tangguh dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global, di mana adab menjadi pondasi utama kompetensi lulusan yang dihasilkan, selain kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengacu pada masa depan.

Ibnu menyebut, pada momentum wisuda angkatan XIV, STKIP Taman Siswa Bima telah meraih lima capaian luar biasa bagi perkembangan kampus setempat, yakni STKIP Taman Siswa Bima konsisten menjalankan visi education for civilitation yaitu dengan banyaknya kerja sama membangun karakter beradab bagi civitas akademika, antara lain dengan mendatangkan ustadz Zundy Al Mahyi lulusan Universitas Madinah, kemudian mendatangkan dan bekerja sama dengan Al Wildan International Islamic School Jakarta yang merupakan sekolah Islam bertaraf internasional.

“STKIP Taman Siswa Bima dari tahun ke tahun mengalami peningkatan jumlah lulusan tepat waktu, di mana tahun 2020 ini 98 persen wisudawan /wisudawati adalah lulus tepat waktu 8 semester. Ini membuktikan manajemen tata keloladi STKIP Taman Siswa Bima selalu memenuhi standar mutu nasional yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud,” ujarnya.

Selain itu berdasarkan tracer studi yang dilakukan oleh STKIP Taman Siswa Bima tahun 2020, 85 %a lumni terserap di dunia kerja, baik sebagai guru, dunia perbankan maupun bidang lain.

“Pada dua tahun terakhir ini alumni STKIP Taman Siswa Bima banyak yang lulus menjadi PNS, baik di Bima dan NTB maupun di luar provinsi NTB,” katanya.

Dijelaskan juga, pada tahun 2020, STKIP Taman Siswa Bima memiliki empat doktor baru lulusan sejumlah kampus ternama di Indonesia, yang mana empat doktor yaitu Dr Syarifudin, M.Pd, Dr. Rabwan Satriawan, M.Pd. AIFO, Dr Khairul Amar, M.Or dan Dr Irfan, M.Or.

“Dengan adanya tambahan empat doktor tersebut semakin menguatkan kualitas sumber daya manusia STKIP Taman Siswa Bima untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas,” ujarnya.

Ibnu mengatakan, suatu kebanggaaan bagi STKIP Taman Siswa Bima, karena lima dari tujuh program studi sudah memperoleh akreditasi B atau baik sekali. Hal itu menandakan bahwa kualitas pelaksanaan tri dharma makin hari semakin meningkat. Meningkatnya kualitas tersebut semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang dibuktikan meningkatnya jumlah mahasiswa baru pada tahun 2020. Selain itu, mahasiswa baru juga diseleksi berdasarkan prestasi akademik maupun nonakademik seperti hafidz dan prestasi lain.

Ibnu memaparkan, sejalan dengan peningkatan kesadaran literasi dan kualitas literasi di Bima, STKIP Taman Siswa Bima dua tahun terakhir konsisten melaksanakan KKN PPL terpadu dengan kegiatan utama literasi.

Tidak kurang lebih dari 5000 anak telah menjadi sasaran kegiatan literasi mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima yang melaksanakan KKN PPL terpadu.

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami karena ikut secara langsung menggaungkan sadar literasi di tengah-tengah masyarakat. Selain itu STKIP Taman Siswa Bima menjadi pelopor gerakan medsos positif melalui Diskusi Virtual pada FB dan chanel Youtube Taman Siswa Bima melalui Bidang Humas,” katanya.

Kegiatan tersebut merupakan sumbangsih pemikiran dan ide bagi adanya informasi-informasi positif di media sosial di tengah banyaknya isu hoaks saat ini. [B-19]