Dipuji Warga hingga Atasan, Bripka Supriyadin, Sosok Sederhana yang Bertugas di Tengah Masyarakat Desa Bara -->

Iklan Semua Halaman

.

Dipuji Warga hingga Atasan, Bripka Supriyadin, Sosok Sederhana yang Bertugas di Tengah Masyarakat Desa Bara

Tuesday, October 27, 2020
Bripka Supriyadin Sedang Membantu Warga Merajut Konstruksi Bangunan. Foto Ist.


Dompu, Berita11.com—Penempatan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) pada setiap kelurahan dan desa merupakan salah satu terobosan dalam membantu roda institusi kepolisian dalam memberi pelayanan dan melakukan deteksi dini setiap perkembangan situasi, sehingga mampu mengambil langkah-langkah solutif persoalan yang dihadapi warga binaan.

Bhabinkamtibmas juga dituntut melekat dan selalu ada untuk warga binaan. Tugas pokok dan fungsi itu mampu diemban oleh Bripka Supriyadin dengan baik. Tak sedikit warga yang memujinya atas kepedulian memberi rasa aman dan nyaman masyarakat.

Bripka Supriyadin mengaku, hal utama yang diupayakan dirinya di tengah masyarakat menyelesaikan berbagai persoalan seperti yang menyangkut hukum.

“Segala masalah tak harus diproses secara hukum dan berakhir di meja pengadilan jika masih bisa dicarikan solusinya,” ujar pria yang akrab disapa Bang Ben alias Lombo ini.

Sudah delapan bulan Bripka Supriyadin bertugas sebagai Bhabikamtibmas Desa Bara. Selama itu pula komunikasinya dengan masyarakat telah terbangun intensif. Hal itu juga selalu memantik kepeduliannya untuk melakukan banyak aksi sosial. Tak sekadar melaksanakan tugas pokok sebagai Bhayangkara Pembina Kamtibmas. Dia tak ragu merogoh "kocek" untuk membantu warga yang benar-benar membutuhkan uluran tangan.

Tak pelak, kiprah Bripka Supriyadin di Desa Bara tak hanya meluncur dari mulut warga yang merasakan kehadiran sosok sederhana ini, Kepala Desa Bara, Andi Aswan, juga memberi jempol atas tugas dan kepedulian sosial pria yang memiliki akun media sosial facebook, Sultan Din Jagat itu.




“Saya selaku Kepala Desa sangat berterima kasih dan mengapresiasi pihak kepolisian dengan adanya penempatan Bhabinkamtibmas di Desa Bara kami tercinta,” kata Kades Bara.

Menurut Andi Aswan, yang paling berkesan dari Bripka Supriyadin yaitu sosok humanis di tengah masyarakat. Dia dekat dengan seluruh warga, tanpa memandang usia.

“Baik para pemuda maupun dewasa. Di satu sisi kami sangat merasakan adanya sinergi yang baik antara kami selaku pemerintah desa dengan Bhabinkamtibmas selama ini. Utamanya urusan sosial kemasyarakatan dalam hal mencarikan solusi pada setiap persoalan,” ujarnya.

Kades Bara mengungkap, tak sekadar saat jam kantor, Bripka Supriyadin responsive setiap persoalan warga. “Ketika kami membutuhkan bantuannya sewaktu-waktu meski tengah malam ia tetap turun ke desa membantu kami dalam mengatasi masalah,” kata Kades.

Kiprah Bripka Supriyadin juga diapresiasi oleh atasannya. “Benar, Bripka Supriyadin adalah salah satu Bhabinkamtibmas yang bisa kami andalkan dan cukup maksimal dalam menjalankan tugasnya. Saya salut, semoga memicu semangat rekan lainnya,” kata Kapolsek Woja Ipda Abdul Haris.

Tak hanya atasannya langsung, orang nomor satu di Polres Dompu juga menyampaikan apresiasi atas kiprah sosok humanis, Bripka Supriyadin. Kapolres Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat SH SIK menyapaikan penghargaan kepada personel yang bisa melaksanakan tugas dengan baik, serta mampu mengangkat citra kepolisian.

"Saya berharap para Bhabinkamtimas memahami Tupoksinya sebagai Bhabinkamtibmas dan bisa maksimal menjalankan tugasnya, agar masyarakat bisa maksimal juga mendapatkan pelayanan kepolisian,” harap Kapolres Dompu. [B-10]