Kasus Dugaan Korupsi Kades Raba Baka Hari ini Bergulir ke Pengadilan Tipikor Mataram -->

Iklan Semua Halaman

.

Kasus Dugaan Korupsi Kades Raba Baka Hari ini Bergulir ke Pengadilan Tipikor Mataram

Monday, October 5, 2020
Kasi Pidsus Kejari Dompu Muh. Isa Ansory, SH. Usai memberikan keterangan pers. Foto Poris Berita11.com. 

Dompu, Berita11.com - Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu Muh. Isa Ansory, SH menyatakan, hasil penyidikan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) alokasi dana desa (ADD) yang diduga dilakukan tersangka Kepala Desa Raba Baka Tri Sutrisno kini dinyatakan P-21.

"Perkara Desa Raba Baka sudah dinyatakan P-21 dan hari ini siap dilimpah ke Pengadilan Tipikor Mataram," kata Kasi Pidsus kepada Berita11.com saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/10/2020) siang.

Disinggung kapan ditahan Kades Tri Sutrisno, karena sudah lama ditetapkan sebagai tersangka, Kasi Pidsus menjawab, pihaknya sedang menunggu Penuntut Umum Tipikor Mataram untuk diserahkan berkas perkara dan terkait penahanan tersangka Kades Tri Sutrisno tergantung Penuntut Umum Tipikor Mataram.

"Hari ini kan tahap dua, artinya penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik ke penuntut umum, nanti pertimbangan penuntut umum terhadap Kades," ungkap Isa Ansory.

Di tahap dua ini, lanjut dia, penyidik Tipikor Mataram melihat kebutuhannya seperti apa, jika memang dibutuhkan tersangka harus ditahan, tentu akan dilakukan penahanan untuk disidangkan.

"Kalau beliau (Penuntut Umum, red) datang sekarang untuk tahap dua, Insa Allah, Minggu ini juga dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Mataram," terangnya.

Terkait apa yang diasumsikan oleh warga atau pun pelapor yang menilai bahwa proses penanganan yang mangkir, ia menegaskan bahwa itu tidak benar.

"Sejauh ini, kita juga tetap terbuka, baik di media (pers, red) maupun pelapor, kami tetap sampaikan hasilnya, bahkan perkara ini sampai juga di tahap P-21," isyaratnya.

Untuk diketahui, selain perkara Kades Raba Baka, dua perkara lainnya yakni bendahara Mangge Asi dan mantan Plt Kepala Desa Malaju Kecamatan Kilo, hari ini juga akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Mataram. [B-10]