LAMDO Dompu Tegaskan Belum Tentukan Sikap Dukung Paslon Bupati Manapun -->

Iklan Semua Halaman

.

LAMDO Dompu Tegaskan Belum Tentukan Sikap Dukung Paslon Bupati Manapun

Thursday, October 15, 2020
Kanan, Ketua Bidang Hukum dan HAM Suharto Baco, SH dan Kiri, Ketua Bidang Humas dan IT Sarwon Al Khan. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Hingga saat ini, Lembaga Adat Masyarakat Donggo (LAMDO) Kabupaten Dompu belum menentukan sikap untuk mendukung pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati manapun.


Penegasan itu, disampaikan pengurus LAMDO yakni Ketua Bidang Hubungan Kemasyarakatan (Kabid Humas) dan IT, Sarwon Al Khan dan Kabid Hukum dan HAM Suharto Baco, SH, Kamis (15/10/2020) sore.


Menurut pria dengan familiar panggilan Om Won ini, hal itu untuk menjawab keresahan dan kerisauan para pemuda terutama generasi yang ada di kalangan etnis Donggo Dompu.


"Sampai saat ini, LAMDO Dompu tetap konsisten dan komitmen untuk tidak kemana-mana tapi ada di mana-mana," ungkap Om Won yang juga pimpinan media online Lakeynews.com.


Hingga berita ini pun diterbitkan, Om Won kembali menegaskan, LAMDO tidak menentukan sikap secara kelembagaan untuk mendukung Paslon Bupati dan Wakil Bupati manapun.


"Kalaupun ada oknum pengurus atau anggota yang sudah menyatakan mendukung atau telah bergabung dengan Paslon tertentu, kami pastikan itu sikap pribadi mereka dan tidak mewakil LAMDO atau etnis Donggo.


Sementara, Kabid Hukum dan HAM Suharto Baco, SH mengatakan, LAMDO adalah rumah besar Etnis Donggo untuk menyampaikan musyawarah dan mufakat dalam setiap membangun kegiatan apa saja yang berkaitan dengan kemanusiaan.


"Ketika kita memiliki rumah kecil, masing-masing bukan berarti mengabaikan fungsi rumah besar, tapi, itulah kekayaan kita sebagai warga LAMDO," kata Suharto Baco.


Ia juga menegaskan, bahwa LAMDO tetap konsisten sebagai lembaga independen terhadap kepentingan apapun salah satunya kepentingan politis praktis.


"Kalaupun kecenderungannya lebih banyak yang bergabung ke Paslon tertentu, hal itu hanya berdasarkan pilihan pribadi semata-mata dengan pertimbangan yang juga sangat pribadi," tegas Suharto Baco. [B-10]