Penyampaian Sengketa Pilkada Pemohon dan Jawaban Termohon Berlangsung Kondusif -->

Iklan Semua Halaman

.

Penyampaian Sengketa Pilkada Pemohon dan Jawaban Termohon Berlangsung Kondusif

Thursday, October 1, 2020
Musyawarah sengketa Pilkada sedang berlangsung. Foto Poris Berita11.com.

Dompu, Berita11.com - Sidang penyampaian sengketa Pemilu Kada dari tim kuasa hukum Bakal Pasangan Calon Bapaslon (Bapaslon) H. Syaifurrahman Salman, SE dan Ika Rizky Veryani (SUKA) selaku pemohon (penggugat) dan pihak Komisi Pemilihan Umum ( KPU) selaku termohon berjalan aman dan kondusif, Kamis (1/10/2020).

Musyawarah penyelesaian sengketa Pemilu Kada secara terbuka ini dipimpin Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Drs. Irwan selaku majelis musyawarah yang berlangsung di ruang Bawaslu setempat, dimulai sekira pukul 14.30 Wita hingga sekira pukul 16.30 Wita.

Ketua Bawaslu Drs Irwan yang didampingi Divisi hukum dan penindakan sengketa, Swastari HAZ, SH, besok Jumat (2/10) akan dilakukan pemeriksaan alat bukti dan pada Sabtu (3/10) akan dilakukan penyampaian keterangan ahli (saksi).

Sementara, untuk penyampaian kesimpulan pihak pemohon dan termohon akan dilakukan pada Senin (5/10) pekan depan, dan penyusunan putusan akan dilakukan pada Selasa (6/10) dan hasil putusan akhir akan dibacakan pada Sabtu (10/10) di ruang sidang Bawaslu.

"Putusan akan dibacakan hari Sabtu, dan diharapkan semua saksi dan alat bukti dihadirkan pada jauh hari atau waktu yang sudah ditentukan," isyarat Ketua Bawaslu usai penyampaian sengketa Pemohon dan Termohon.

Pantauan media ini, yang hadir dari tim kuasa hukum SUKA selaku pemohon di antaranya Kisman, SH, Dwi Yudhayana, SH, Rusdiansyah, SH, MH, Suharto Baco, SH dan Amirullah, SH.

Sedangkan KPU Kabupaten Dompu selaku termohon dihadiri tiga orang komisioner di antaranya, Divisi Teknis Penyelenggaraan Ansori, SE, kemudian Divisi Hukum dan Pengawasan Agus Setiawan, SH dan Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM Sulastriana, SE.

Usai musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, tim kuasa hukum Bapaslon SUKA, Kisman kepada Berita11.com mengatakan, pihaknya sangat optimis bahwa Bapaslon SUKA akan tampil dalam Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kami optimis dan bisa dikatakan yakin bahwa apa yang menjadi alasan permohonan kami akan mampu dibuktikan melalui mekanisme pembuktian," kata Kisman.

"Harapan kami, pihak Bawaslu selaku penengah mampu melihat, mencermati dan membaca persoalan ini secara cermat dan objektif juga memperhatikan berapa regulasi yang jelas-jelas ditabrak oleh KPU," sambung Kisman. [B-10]