Sebelas Cyber Media Luncurkan TRC -->

Iklan Semua Halaman

.

Sebelas Cyber Media Luncurkan TRC

Friday, October 16, 2020
Ilustrasi. Image Source: Crowdspring. 


Bima, Berita11.com— Harian online Berita11.com/ TVsebelas.com meluncurkan Tambora Research and Consulting (TRC) yang menjadi bagian dari devisi riset dan konsultasi PT Sebelas Cyber Media (PT SCM) dan CV Sebelas.


Hal tersebut menjadi bagian dari komitmen Berita11.com/ TVSebelas.com mengusung jurnalisme data, di antaranya indept report atau laporan mendalam.

Pemimpin Redaksi TVSebelas.com, Wawan Hermansyah mengatakan, pada era informasi yang massif menuntut media untuk terus berinovasi. Salah satunya dengan inovasi atau variasi konten. Pertumbuhan media online semakin lama, tumbuh subur (signifikan). Hal terebut di luar konteks media yang telah diverifikasi oleh Dewan Pers. Fenomena tersebut menuntut media untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

Sejak audiens media sosial tumbuh, publik di daerah disuguhkan luberan informasi dari berbagai media yang berbeda dalam platform yang sama, namun dengan konten yang juga cenderung yang sama, sehingga nyaris tidak ada ciri khas dari sejumlah media online di daerah dalam menyuguhkan informasi. Umumnya konten-konten itu diproduksi oleh orang yang sama atau merupakan produk Humas (press release). Selain itu, pola distribusi atau sistem delivery konten masih bersaing di media soisal. Maka tak heran jika sumber visitor sebuah website media lokal berasal dari media sosial, bukan organic traffic.

“Hal ini membuat kami selalu menganalisis setiap informasi dan pola penelusuran. Selain mempelajari bagaimana sistem telusur atau SEO, pergerakan kata kunci di google trend,” katanya, Jumat (16/10/2020).

Wawan mengatakan, Tambora Riset merupakan sub-organisasi yang dimiliki Berita11.com/ TVSebelas.com dalam melakukan penelitian skala pendek berkaitan fenomena dan berbagai aspek. Selanjutnya hasil collect data akan disuguhkan kepada publik sebagai informasi dalam bentuk konten atau laporan mendalam (indept report) yang dilengkapi visualisasi grafik, infografik, table maupun data hidup sebagai kongkritisasi narasi (deskripsi) dari berita.

Jurnalis bersertifikat kompetensi Dewan Pers ini mengatakan, beberapa informasi dan data yang dicollect, kemudian dianalisis oleh Berita11.com/ TVSebelas.com seperti data-data sektoral (kuantitatif dan deskripsi) di daerah. Data itu kemudian diolah melalui sejumlah tools, di antaranya data wrapper, flourish studio maupun sejumlah tools lain.

Era kekinian telah disadari pentingnya keberadaan big data. Berita11.com/ TVSebelas.com sendiri telah membangun pangkalan data, terutama berkaitan data sectoral yang berkaitan hajat orang banyak. Selain melaksanakan penelitian dan riset kecil, juga melakukan survei secara daring melalui penyebaran form yang dihubungkan ke server.

Menurutnya, di era post truth, menyuguhkan informasi mendalam dan lengkap disertai visualisasi adalah sesuatu yang penting. Terutama dalam menyikapi permasalahan disinformasi atau hoaks (Bahasa Inggris: hoax) yang sengaja disebar oleh pihak tertentu. Karena sebagiamana yang diketahui khalayak, hoaks juga bisa digunakan sebagai senjata propaganda atau untuk memengaruhi alam bawah sadar banyak orang untuk mengafirmasi kebenaran yang diyakini pihak tertentu.

Informasi yang mendalam disertai data dari sumber-sumber kredibel ataupun dari hasil analisis membantu publik khususnya pembaca media dalam memperoleh informasi secara utuh dan nilai-nilai kebenaran. Hal tersebut juga penting dalam mendorong tingkat pendidikan masyarakat sebagaimana dalam upaya mendorong tingkat pendidikan pemilih dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Wawan mencontohkan, informasi tersebut diperlukan publik dalam mengkaji visi-misi maupun untuk menguji klaim kontestan Pilkada 2020. Misalnya jika kontestan tertentu mengklaim tentang indeks pembangunan manusia (IPM)/ Human Development Index, angka pertumbuhan ekonomi, alokasi program dan anggaran maupun hal-hal yang bersifat empiris. Karena yang konsen dengan indept report atau laporan mendalam, dapat menyuguhkan informasi bermanfaat yang dibutuhkan masyarakat, dalam menguji informasi awal yang bertebaran maupun sebagai komperasi untuk mendapatkan kebenaran sesungguhnya.

Dikatakannya, Tambora Riset merupakan spirit dan kolaborasi dari awak Berita11.com/ TVSebelas.com yang beberapa di antaranya sudah expert di bidang collect data dan survei. Beberapa anggota redaksi bahkan memiliki pengalaman sebagai quality control dan analis data seperti pengalaman kerja di Sucofindo dan lembaga lainya.

Selain itu, pemikiran SCM membentuk TRC karena pertimbangan kolaborasi awak media dari bergai latar disiplin ilmu seperti teknik, komunikasi, kimia, matematika maupun bahasa. “Memang ada usernya, tapi kontenya yang dihasilkan didedikasikan untuk publik. Karena loyalitas media adalah nilai-nilai kebenaran. Sekarang ini era post truth, kita harus menyuguhkan sesuatu yang berbeda dan ini menjadi ciri khas media, khususnya di daerah,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Program dan Pengembangan TVSebelas.com, Marshel mengatakan, pihaknya berharap melalui penggabungan beberapa teknologi dalam konten TVSebelas.com dan Berita11.com dapat menjadi khazanah informasi yang diperoleh pembaca kedua media tersebut.

Dikatakannya, pada sisi lain TVSebelas.com juga menyiapkan konten premium yang merupakan konten ekslusif dan medalam, berbeda dengan media lain. “Kami meyakini bahwa TVSebelas.com dan Berita11.com memiliki basis pembaca loyal. Kami juga tetap mempelajari data di google analitycs dan perkembangan di creator studio,” katanya.

Sebagaimana yang dipelajari dari google analitycs di antaranya berkaitan demografi pembaca, sejauh ini pembaca konten lokal di daerah memang masih menyukai konten-konten atau lanskap pemberitaan bad news is good news, yang kemungkinan juga dipengaruhi problem literasi masyarakat yang menjadi persoalan nasional, di mana angkanya masih 0,001 atau satu berbanding 1.000.

Namun demikian, Marshel optimistis hal tersebut akan bergeser seiring penetrasi internet dan jumlah audiens media sosial di Indonesia termasuk regional Nusa Tenggara Barat yang terus meningkat. Sebagaimana data APJII, Nusa Tenggara Barat masuk kelompok tertinggi pengguna internet di Indonesia, sehingga otomatis angka literasi digital dan pembaca sehat akan semakin lebih baik. Hanya saja, publik perlu disuguhkan informasi berkualitas dan mendalam serta bervariasi.

Untuk diketahui, Berita11.com bergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia yang merupakan konstituen Dewan Pers. Beberapa anggota redaksi Berita11.com merupakan jurnalis bersertifikat kompetensi dari Dewan Pers. [B-13]