Sosialisasi Pencegahan Covid-19, Kelompok 15 PMM UMM juga Bagikan Paket Sembako -->

Iklan Semua Halaman

.

Sosialisasi Pencegahan Covid-19, Kelompok 15 PMM UMM juga Bagikan Paket Sembako

Saturday, October 10, 2020
 Anggota Kelompok 15 Gelombang X PMM UMM Membagikan Paket Sembako, Masker dan Hand Sanitizer kepada Warga tak Mampu. Foto Ist.



Malang, Berita11.com— Pandemi Covid-19 yang belum terkendali memerlukan perhatian dan partisipasi berbagai pihak. Hal itu juga menjadi atensi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang melaksanakan Program Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Kelurahan Temas, Kota Batu, Jawa Timur.

Kelompok 15 Gelombang X PMM UMM melaksanakan bakti sosial sosialisasi penggunaan masker, sekaligus pembagian masker dan hand sanitizer serta paket sembilan bahan pokok (Sembako) kepada warga kurang mampu di RT 01/04 Kelurahan Temas, Kota Batu, Jawa Timur.

Koordinator Kelompok 15 Gelombang X PMM UMM, Syahnaz menjelaskan, pembagian masker, hand sanitizer dan paket Sembako kepada warga kurang mampu sebagai bentuk kepedulian mahasiswa yang melaksanakan PMM terhadap kondisi warga yang tengah menghadapi wabah Covid-19.

“Seperti yang telah kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 sudah menjadi ancaman hampir semua daerah di Indonesia. Covid-19 yaitu penyakit yang menular disebabkan oleh corona virus yang saat ini baru ditemukan,” katanya melalui layanan media sosial Whatshapp, Sabtu (10/10/2020).

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 membuat masyarakat menjadi resah karena perekonomian semakin menurun. Beberapa permasalahan yang ditimbulkan dari dampak pandemik tersebut seperti banyak pedagang yang tidak memperoleh penghasilan dari aktivitas berjualan. Hal yang sama dialami warga yang bergelut pada sektor lain seperti pertanian. Petani mengalami kerugian karena hasil panennya menurun.

Hal tersebut mendorong anggota kelompok 15 Gelombang X PMM UMM berupaya mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 melalui proses edukasi dengan mengadakan sosialisasi tentang cara penggunaan masker kepada warga sesuai protokol kesehatan.

Syahnaz menjelaskan, tujuan sosialisasi cara penggunaan masker kepada warga terutama pada warga RT 01 RW 04 Kelurahan Temas Kota Batu agar masyarakat mengetahui bahaya penyebaran Covid-19. Karena masih banyak masyarakat di kelurahan setempat yang tidak menggunakan masker.

“Atau masih belum mengetahui tentang protokol pencegahan Covid-19, seperti memakai masker jika beraktivitas di luar rumah seperti ke pasar atau saat bekerja dikebun atau sawah, dengan adanya sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Syahnaz menyebut, paket Sembako yang akan dibagikan berisikan berisi sejumlah bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat seperti beras, gula, garam, mie instan dan bahan lainnya.

“Paket sembako dibagikan kepada tiga warga RT 01 RW 04 Kelurahan Temas yang kurang mampu,” katanya.

Ditambahkannya, pembagian paket Sembako dilakukan pada JUmat, 09 Oktober 2020 kemarin. Pemberian paket Sembako dilakukan dengan mendatangi rumah warga kurang mampu yang sudah didata sebelumnya, yang mana proses pendataan didampingi Ketua RT 01.

“Walaupun bantuan yang kami berikan tidak begitu banyak, akan tetapi kita berharap dengan bantuan pemberian paket Sembako ini dapat membantu meringankan beban mereka untuk kehidupan sehari-hari,” ujar Novia, anggota Kelompok 15 Gelombang X PMM UMM. [B-19]