Kapolres Dompu Pimpin Apel Gabungan Kesiapan Siagaan Antisipasi Bencana Alam -->

Iklan Semua Halaman

.

Kapolres Dompu Pimpin Apel Gabungan Kesiapan Siagaan Antisipasi Bencana Alam

Thursday, November 12, 2020
Saat pengecekan tim gabungan dalam kesiap Siagaan bencana alam yang terjadi di Dompu. Foto ist. 


Dompu, Berita11.com - Demi mengantisipasi terjadinya bencana alam, maka perlu diambil langkah antisipatif, dalam hal ini harus ditumbuhkan kesiapan siagaan sewaktu waktu untuk tindakan cepat.


Terkait prihal tersebut, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH SIK memimpin apel kesiapan siagaan terhadap bencana alam yang diikuti ratusan personel gabungan TNI, Polri dan Instansi terkait.


Giat apel gabungan berlangsung di lapangan beringin Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Kamis (12/11/20) pagi, sekira pukul 08.00 Wita.


Pada kesempatan ini, turut hadir Dandim 1614 Dompu, Sekda Drs. Muhibuddin, Kepala BPBD Jufri ST MM, pejabat umum Polres dan Kodim serta staf Pemda dan Instansi terkait.


Kapolres Dompu dalam amanatnya mengatakan, melihat perkembangan situasi nasional saat ini, banyak terjadi bencana alam dan menimbulkan permasalahan seperti memaksa warga untuk mengungsi.


Selain itu, terjadinya korban jiwa serta rusaknya fasilitas umum dan pemukiman warga. Untuk mengatasi hal demikian, perlu dibentuk tim lebih awal untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi.


"Apel kesiapsiagaan bencana alam bertujuan untuk mengetahui kesiapan kita dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam di wilayah Dompu baik berupa kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya," kata Syarif Hidayat.


Untuk itu, Kapolres berharap agar dapat meningkatkan kesadaran dari semua pihak tentang pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.


"Peran serta semua pihak dalam mengawasi dan menciptakan ketenangan akan dirasa cukup efektif untuk sebuah upaya penyelamatan," katanya.


Menurut orang nomor satu di Kepolisian Resor Dompu ini, menyiapkan logistik dan sikap siaga itu semua bisa mengurangi resiko timbulnya korban jiwa termasuk kerugian materil.


"Saya mengajak kepada kita semua agar sama-sama menjaga kesehatan dan stamina diri serta selalu berdoa memohon kepada Tuhan yang Maha Esa agar pelaksanaan tugas kita dapat berjalan dengan baik, aman dan lancar," pungkasnya. [B-10]