Kerap Kali Beraksi, Enam Spesialis Curat ini Berujung di Bawah Plafon Rutan Polres Dompu -->

Iklan Semua Halaman

.

Kerap Kali Beraksi, Enam Spesialis Curat ini Berujung di Bawah Plafon Rutan Polres Dompu

Sunday, November 22, 2020
Lima Komplotan Spesialis Curat berhasil dirungkus Polisi. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Sepandai-pandainya orang menyembunyikan bangkai, suatu saat pasti akan tercium juga, mungkin pribahasa ini lebih tepatnya untuk keenam pria spesialis pencurian dan pemberatan (Curat) yang kerap kali beraksi di tengah malam khusunya di wilayah Kecamatan Dompu.

 

Keenam pria yang dimaksud di antaranya masing-masing berinisial PR alias Galang (24), FAS (24), ARG (27), AGS alias Paul (22), YY (24) dan R (22). Aksi keenam pria ini harus berujung di bawah kolong plafon rumah tahanan (Rutan) Polres Dompu.

 

Sebelumnya, Galang, FAS, ARG, AGS dan Roy awalnya beraksi di salah satu ruko penjualan barang-barang elekronik milik warga di Kelurahan Bali Satu pada Jumat (16/10) lalu dan direkam CCTV. Para pelaku berhasil menggasak satu unit Laptop, Printer dan alat Scanner.

 

Selang satu bulan kemudian, ARG, AGS dan Roy kembali melakukan aksinya. Ketiganya melakukan aksi di salah satu rumah warga yang berada di Lingkungan Kota Baru Kelurahan Bada pada Rabu (18/11) dini hari.

 

Di lokasi ini, ketiganya menggasak uang tunai Rp8 juta yang ditemukan dibawa tempat tidur korban dan dua unit Handphone, para pelaku masuk kedalam rumah korban dengan cara menaiki pagar tembok yang pada saat itu korban tengah melakukan sholat subuh.

 

Atas laporan itu, Timsus Polsek Dompu dipimpin Kanit Reskrim Aipda Haryanto menangkap ARG ketika sedang duduk di pangkalan ojek kemudian digiring ke Mapolsek Dompu.

 

Saat diinterogasi, ARG mengaku beraksi bersama dua temannya yakni Galang dan FAS, atas informasi tersebut, petugas menangkap keduanya, satu orang di Taman Kota dan satunya lagi di Dorotoi pada Kamis (19/11/2020) malam.

 

Usai menangkap ketiganya, petugas mencari keberadaan AGS dan R tetapi saat itu, keduanya berhasil kabur. Namun keesokan harinya, petugas kembali membekuk satu diantara yakni AGS.

 

AGS dibekuk bertempat di Lingkungan Kota Baru pada Jumat (20/11) siang, sekira pukul 13.25 Wita. Sedangkan R sempat buron juga berhasil dibekuk.

 

Tak henti sampai di situ, upaya kepolisian mendalami kasus tersebut akhirnya membuahkan hasil, satu orang dari komplotan para pelaku berhasil diungkap yakni YY. Polisi menangkap YY dibekuk di pangkalan ojek, tepatnya di perempatan Sawete, Sabtu (21/11) siang.

 

Kasat Reskrim Polres Dompu Iptu Ivan Roland Cristofel S.T.K membenarkan rentetan penangkapan para terduga pelaku curat dan terduga pelaku YY erat kaitannya dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) lain yakni di Dikpora Kabupaten Dompu yang diungkap anggota Polsek Dompu.

 

“Pasca pengungkapan kasus curat oleh Polsek Dompu, kami kembangkan dengan curat di TKP lain yaitu di Dinas Dikpora, karena ada pelaku yang sama dibeberapa TKP,” ungkap Kasat Reskrim.

 

Ivan menjelaskan, Curat di Dinas Dikpora, pelaku pelaku mencuri dua unit Laptop, satu unit Merk ASUS milik Nunung Faridah (48) dan satu Toshiba merupakan barang inventaris Dinas Dikpora yang disimpan di dalam laci meja kantor.

 

Dari keterangan para terduga pelaku, laptop yang dicuri tersebut dijual kepada  ADF (33) warga Dusun Sori Foo, Desa Madaprama, Kecamatan Woja, dan MF (35) warga asal Desa Doridungga, Kabupaten Bima.

 

“Setelah mengetahui hal tersebut anggota segera menjemput keduanya serta mengamankan barang bukti berupa dua unit laptop, selanjutnya ADF dan MF menjalani pemeriksaan karena diduga kuat sebagai penadah,” pungkas Ivan. [B-10]