Peduli Wisata Sejarah, Bhabinkamtibmas dan Pemuda Rawat Situs Doro Bente -->

Iklan Semua Halaman

.

Peduli Wisata Sejarah, Bhabinkamtibmas dan Pemuda Rawat Situs Doro Bente

Wednesday, November 18, 2020
Bhabinkamtibmas dan sejumlah pemuda dan pemudi saat persemaian pohon di sekitar lokasi situs Doro Benteng. Foto ist.


Dompu, Berita11.com - Bhabinkamtibmas Desa Sori Tatanga Polsek Pekat Bripka Wawan merangkul organisasi kepemudaan (warga binaan) guna melaksanakan kegiatan perawatan situs Doro Bente yang berlokasi di kawasan Gunung Tambora, Selasa (17/11/2020) pagi.


Situs Doro Bente merupakan peninggalan sejarah Tambora dan juga bagian dari geopark Tambora yang terbentuk dari lahan vulkanik berupa kawah kerucut parasit dengan luas berkisar 12.04 hektar, sedangkan luas area kawah 5.06 hektar. 


Bripka Wawan memiliki inisiatif untuk merangkul organisasi kepemudaan yang ada di Desa binaannya bertujuan untuk membawa pemuda ke dalam wadah yang dinamakan kelompok sadar Wisata.


Koordinator kepemudaan Sopian Hadis yang juga aktif membantu Balai Taman Nasional Tambora mengatakan, kegiatan yang dilakukan bersama Bripka Wawan adalah untuk mewujudkan rasa kepedulian atas warisan Sejarah Tambora.


"Kami bersama Bhabikamtibmas melakukan kegiatan gotong royong dengan membersihkan dan menata kembali suasana tanpa merubah kondisi asli areal Doro Bente dan menanam beberapa bibit Pohon Beringin dan Due untuk memperindah suasana," kata Sopian.


Berbekal semangat bersama dengan tujuan mewujudkan Doro Bente sebagai sebuah Zona kawasan steril dan pusat penelitian dan wisata alam.


Bhabinkamtibmas bersama para pemuda bersepakat akan tetap menjaga dan merawat serta memonitor langsung lewat kegiatan yang sama setiap minggunya.


Situs Doro Bente, kata Sofian, dijadikan sebuah nilai jual sebuah pariwisata dengan estetika alam dan misteri pengetahuan di masa lalu.


"Doro Bente adalah Salah satu potensi Pariwisata alam dan sejarah yang perlu mendapat perhatian pemerintah, sebagai bentuk penghormatan atas warisan para Leluhur di masa silam," seruan Sofian.


"Tidak cukup kami saja namun perlu atensi juga dari Pemerintah dan seluruh Masyarakat dalam merawat dan menjaganya," sambung Sofian.


Giat inisiatif dari Bripka Wawan tersebut, Sopian mengapresiasi langkah serta dukungan Bhabinkamtibmas dengan selalu ikut hadir dalam berbagai kegiataan warga, terlebih dalam pembinaan terhadap organisasi Kepemudaan yang saat ini fokus dalam menata Doro Bente.


"Kami sangat berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas yang telah mendukung kepemudaan, ini sangat terinspirasi bagi kami khususnya para pemuda," apresiasi Sofian.


Sofian kembali menjelaskan, situs Doro Bente sebuah warisan leluhur yang memiliki nilai jual sebagai destinasi wisata serta penambahan ilmu pengetahuan tentang sejarah. Untuk itu, Sofian menegaskan agar semua pihak ikut peduli terhadap situs tersebut terutama pihak pemerintah.


"Dukungan dan perhatian dari Pemerintah serta dukungan Masyarakat sangat butuhkan, apalagi situs ini sudah banyak masyarakat yang penasaran akan Doro Bente," tegasnya. [B-10]