Pemdes Lune Gelar Musyawarah Penyusunan RKPDes 2021 Dihadiri Camat Pajo -->

Iklan Semua Halaman

.

Pemdes Lune Gelar Musyawarah Penyusunan RKPDes 2021 Dihadiri Camat Pajo

Wednesday, November 18, 2020
Dari kiri, Kades Lune, Tengah, Camat Pajo dan kiri, Ketua BPD Desa setempat. Foto Godam Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Lune, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu, Rabu (18/11/2020) menggelar musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2021 mendatang.


Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa berlangsung di gedung serba guna desa setempat dan dihadiri Camat Pajo Muhammad Kamarun SH sekaligus yang membuka kegiatan tersebut.


Adapun yang dibahas dalam MusrenbangDes, yakni rencana kegiatan di tahun 2021 dan yang akan menjadi prioritas, serta evaluasi kegiatan di Tahun 2020 yang sudah dan belum terlaksana.


Termasuk keterbukaan dan transparansi dalam pelaksanaan program pemerintah Desa Lune dan menjadi hal yang wajib demi terwujudnya Desa Lune yang maju dan sejahtera.


Camat Pajo usai membuka kegiatan tersebut menyampaikan beberapa hal penting berdasarkan Peraturan Kementerian Desa yang baru dengan Nomor 13 Tahun 2020 bahwa ada tiga item yang harus dilaksanakan.


Pelaksanaan MusrembangDes dalam penyusunan RKPDes diharapkan bisa menetukan atau mengusulkan apa yang menjadi usulan skala prioritas pembangunan Desa termasuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.


"Ada tiga item yang harus diprioritaskan termasuk pemberdayaan, kemudian listrik desa atau lampu penerangan dan terakhir yang berkaitan dengan penangan Covid-19," kata Camat Pajo.


Disisi lain, Camat Pajo berpesan, dimasa pandemi Covid19 Pemerintah Desa agar tidak henti-hentinya memberikan edukasi terhadap warga, agar selalu mengikuti Protokol Kesehatan. Hal itu juga ditekankan dalam penyusunan RKPDes.


"Penanganan Covid-19 ini seperti pengadaan masker, Hansanitaizer, termasuk pemberian Bantuan Langsung Tunai (BLT) terhadap masyarakat yang terdampak dari wabah Covid-19 penyebab terpuruknya perekonominan," beber Muhammad Kamarun.


Melalui kesempatan ini, Camat menegaskan, berhubung warga desa Lune kuat dengan intervensi, diharapkan kepada tim 11 bahwa aspirasi masyarakat di skala prioritas harus diutamakan tetapi berdasarkan kemampuan anggaran. 


"Jangan sampai ada hal-hal kecemburuan sosial masyarakat dan pelaksanaan anggaran itu secara terbuka dan transparansi, di setiap kegiatan harus diberikan informasi terhadap masyarakat baik secara tertulis maupun papan informasi," tandasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua BPD beserta anggota, Ketua LPM beserta anggota, tim 11 selaku perancang RKPDes, Ketua Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama beserta Tokoh Pemuda lainnya. [B-10/Godam]