Selamatkan Penyu Langka, Kapolsubsektor Soromandi Imbau Masyarakat tak Sembarang Buang Limbah -->

Iklan Semua Halaman

.

Selamatkan Penyu Langka, Kapolsubsektor Soromandi Imbau Masyarakat tak Sembarang Buang Limbah

Monday, November 16, 2020
Kapolsubsektor Soromandi, Ipda Zulkifli Memimpin Penyelamatan Hewan Langka, Penyu Bersisik Hijau yang Terdampar di Desa Sai, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Senin (16/11/2020). Foto Ist.


Bima, Berita11.com— Kepala Kepolisian Sub-Sektor (Kapolsubsektor) Soromandi, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Ipda Zulkifli bersama anggota Polsubsektor setempat dan anggota Bima Dive menyelamatkan penyu langka (Chelonia Mydas) yang terdampar di So Paropa Watasan Desa Sai, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Senin (16/11/2020) pagi.

Aksi penyelamatan penyu tersebut dilakukan Kapolsubsektor Soromandi bersama anggota Polsubsektor dan klub menyelam Bima setelah menerima informasi dari Kades Sai tentang penyu besar yang terdampar di pesisir pantai setempat.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Kepolisian Resor Bima, Ajun Komisaris Polisi, Hanafi menjelaskan, seekor penyu besar yang diselamatkan Kapolsubsektor Soromandi dan anggotanya merupakan penyu bersisik hijau. Memiliki diameter sekira 175 cm, bobot 500 kg.

Penyu tersebut diselamatkan dengan cara dilepas kembali di perairan Nangrove Dusun Sowa, Desa Kananta, Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima sekira pukul 14.00 Wita. “Pertimbangannya bahwa di tempat tersebut terdapat banyak sumber makanan yang bisa dikonsumsi oleh penyu,” ujar Kapolsubsektor Soromandi dikutip AKP Hanafi.



Ipda Zulkifli mengimbau warga Soromandi khususnya yang tinggal di daerah pesisir agar selalu menjaga biota laut dengan tidak membuang sampah plastik, limbah pukat di laut. Selain itu mengimbau masyarakat agar menghindari penangkapan ikan menggunakan bom ikan maupun potasium. Selain melanggar Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951, cara penangkapan tersebut akan merusak habitat atau biota laut. “Dan (kami) mengajak warga Kecamatan Soromandi untuk bersama-sama menjaga kelestarian laut demi generasi penerus bangsa yang ada di Kecamatan Soromandi,” imbaunya. [B-11]