Upacara HGN di tengah Pandemi, Kepala SDN 2 Dompu: Setiap Peristiwa Pasti Ada Hikmah -->

Iklan Semua Halaman

.

Upacara HGN di tengah Pandemi, Kepala SDN 2 Dompu: Setiap Peristiwa Pasti Ada Hikmah

Wednesday, November 25, 2020
Saat foto bersama antara pengibar bendera dan sejumlah dewan guru SDN 2 Dompu usai pelaksanaan upacara peringati HGN dan HUT PGRI ke 75 tahun 2020. Foto Dokumentasi Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Sekolah Dasar Negeri 2 Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2020 dan HUT PGRI ke 75 yang berlangsung di lapangan sekolah setempat, Rabu (26/11/2020) pagi.


Kepala SDN 2 Dompu Rudi Hartono, S.Pdi dalam amanatnya mengatakan, peringatan HGN beda di tahun-tahun sebelumnya, yang dimana pelaksanaan upacara tahun 2020 ini dilakukan di tengah Pandemi Covid-19 yang mengharuskan dunia pendidikan di mana-mana dituntut untuk ditutup sementara waktu.


“Saya sangat percaya bahwa selalu ada hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi, banyak pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu membahu bergotong royong dalam mengatasi situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya ini,” kata Rudi Hartono.


Akibat pandemi pula, lanjut Rudi Hartono, sistim pembelajaran dirubah. Para peserta didik dituntut untuk menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak bahkan tempat duduk para siswa diatur dengan jarak 1,5 meter. Hal ini dilakukan agar terhindar dari potensi terkena virus sekaligus memutuskan mata rantai Covid-19.


“Sebagai manusia biasa, situasi sulit ini kadangkala membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak berdaya, sehingga muncul pilihan untuk menyerah dan ada opsi untuk mengeluh," katanya


"Namun, kita memilih terus bangkit dan berjuang, karena keyakinan kita tetap bisa mengupayakan keberlanjutan pembelajaran bagi murid-murid yang kita cintai walau dengan segala keterbatasan,” sambungnya.

Keluarga besar SDN 2 Dompu. Dokumentasi Poris Berita11.com

Lebih jauh, Rudi Hartono mendorong semangat para dewan guru untuk tetap semangat melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) meski di tengah pandami Covid-19, selain itu, diharapkan kepada seluruh dewan guru agar menjadikan situasi pandemi sebagai laboratorium bersama untuk menjadikan mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi.


“Saya mengajak semua pihak untuk terus melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk. Pandemi telah memberikan kita momentum dan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan ulang system pendidikan untuk melakukan lompatan dalam menghasilkan SDM unggul untuk Indonesia maju,” ajaknya. 


Sebelum mengakhiri amanatnya, Rudi Hartono menyampaikan ucapan terima kasih terhadap semua pihak terutama dewan guru maupun staf pegawai SDN 2 Dompu yang telah mengorbankan waktu, tenaga, bahkan bagian dari hidupnya demi peserta didik, dan telah menjadi bagian pelukis masa depan dan peradaban Indonesia.


“Teruslah bangkit dan semangat untuk anak-anak Indonesia, selamat Hari Guru Nasional,” ucap Rudi Hartono di penghujung penyampaiannya.  


Untuk diketahui, pelaksanaan upacara dalam rangka memperingati HGN dan HUT PGRI ke 75 tahun 2020 diiringi Drum Band sehati melik SDN 2 Dompu dan pengibar sang merah putih dilaksakan siswa dari SMAN 1 Dompu yang merupakan alumni SDN 2 Dompu. [B-10]