Kodim 1608/Bima Monitor Simulasi Pungut-Hitung Sesuai Protokol Covid-19 -->

Iklan Semua Halaman

.

Kodim 1608/Bima Monitor Simulasi Pungut-Hitung Sesuai Protokol Covid-19

Saturday, December 5, 2020
Suasana Simulasi Pungut Hitung Sesuai Protokol Pencegahan Covid-19 di TPS II Desa Bajo, Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima yang Berlokasi di Dermaga Bajo, Sabtu (5/12/2020).


Bima, Berita11.com— Kodim 1608/Bima melalui Koramil 1608-05/Donggo Dpp Danramil Kapten Inf Seninot S mengikuti kegiatan latihan simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020 yang digelar di TPS 2 di Dermaga Bajo Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima, Sabtu (5/12/2020).

Simulasi pungut-hitung tersebut berlangsung sesuai protocol kesehatan pencegahan Covid-19.

Danramil 1608-05/Donggo, Kapten Inf Seninot S secara langsung memantau simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima tahun 2020. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Soromandi Julkifli SH, M.Hum, Kasubsektor Soromandi, Brigadir Yono Pol Airud Polres Bima, Ketua PPK Soromandi beserta anggota, ketua PPS dan anggota se-Kecamatan Soromandi serta anggota Pol PP (Trantib) Kecamatan Soromandi.

Kapten Inf Seninot memberikan ulasan tentang smulasi, yakni simulasi pencoblosan dengan standar Covid-19 dimulai dari pengawalan kotak suara oleh Pol PP, Bhabinkamtibmas, Babinsa dari kantor Desa Bajo menuju tempat TPS 2 Bajo. Selanjutnya petugas PPS mengecek kelengkapan logistik Pemilu, yang mana jika lengkap, warga dipanggil oleh petugas PPS sesuai undangan C-6 yang diterima PPS untuk melakukan pencoblosan.

Sebelum masuk pintu TPS 2, warga yang akan memberi hak suara dicek suhu tubuhnya oleh petugas. Bila aman, langsung melakukan mencuci tangan dan memakai sarung tangan. Setelah itu, mengambil surat suara untuk melakukan pencoblosan. Selanjutnya sesuai C6 yang sudah diterima oleh PPS dan apabila ada warga yang suhu tubuhnya tinggi, akan diarahkan mencoblos di bilik khusus. 





Sesuai rencanana, kegiatan pada hari H, Rabu, 9 Desember 2020 mulai pukul 06.00 Wita, petugas PPS mulai bekerja mengecek kelengkapan logistik surat suara dan menyumpah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Pemungutan suara dimulai pukul 07.00-12.00 wita, sedangkan penghitugnan suara dimulai pukul 13.00 Wita. “Apabila ada warga yang datang mau mencoblos sebelum penghitungan, diberi kesempatan untuk mencoblos. Apabila sudah mulai penghitungan tidak boleh,” ujar Kapten Inf Seninot.

Terpisah, Komandan Kodim 1608/Bima Letkol Infanteri Teuku Mustafa Kamal menyatakan, anggota Koramil jajaran Kodim Bima diterjunkan memantau jalannya proses simulasi pemungutan dan penghitungan suara digelar penyelenggara masing-masing setempat.

Dia mengatakan, melalui simulasi diharapkan dapat merepresentasikan proses pemungutan dan penghitungan suara yang sesungguhnya, baik dari sisi tata cara dan ketentuannya maupun dari sisi waktu yang dibutuhkan.

Katanya, melalui simulasi tersebut diharapkan dapat diketahui berbagai kendala dan permasalahan yang kemungkinan timbul, serta kelebihan dan kekurangannya, sehingga dapat diantisipasi sejak dini dan pada pelaksanaanya nanti dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sukses.

Menurut Mantan Danyonif Raider Sus 744/SYB itu, satu hal yang paling penting adalah mewujudkan kondusifitas wilayah, baik pada tahap persiapan, tahap pelaksanaan maupun pasca pemungutan suara.

“Kita berkomitmen untuk berbuat yang terbaik dalam mengantisipasi serta mengambil langkah yang cepat dan tepat dalam menyikapi berbagai potensi kerawanan yang mungkin terjadi dan dapat mengganggu dan menghambat penyelenggaraan Pilkada,” pungkasnya. [B-12]