Tetap Patuhi Prokes Covid-19, Sambut Tahun Baru, Warga Dorompana Gelar Dzikir dan Salawat di Atas Bukit Sultan -->

Iklan Semua Halaman

.

Tetap Patuhi Prokes Covid-19, Sambut Tahun Baru, Warga Dorompana Gelar Dzikir dan Salawat di Atas Bukit Sultan

Thursday, December 31, 2020
Dzikir dan Shalawat sedang berlangsung. Foto Poris Berita11.com.


Dompu, Berita11.com - Dalam rangka menyambut tahu baru 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, warga Lingkungan Dorompana, Kelurahan Kandai Satu, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu NTB menggelar acara Dzikir dan Shalawat bersama di atas Bukit Sultan Syamsudin, Kamis (31/12) malam.


Pada kesempatan ini, turut hadir Kapala Dinas Kebudayaan dan Pariwista (Kadisbudpar) Kabupaten Dompu H. Khairul Insyan, MM, Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik, S.Sos, anggota DPRD Dompu komisi II, Pahlawan Indra Jaya dan ustadz Syamsul Arifin, dan Dzikir dan Shalawat bersama dipandu A. Malik, S.Sos.


Kadisbudpar dalam sambutannya mengatakan, penyambutan tahun-tahun sebelumnya berbeda dengan penyambutan tahun sekarang, yang dimana penyambutan tahun baru kali ini dilaksanakan dengan cara sangat luar biasa.


"Saya bangga terhadap pemuda kreatif khususnya di Dorompana ini yang sudah menciptakan wisata bersejarah dan beriringan nuansa religius di sini, ini sangat luar biasa menurut saya," apresiasi Kadisbudpar.


Pria yang biasa disapa akrab Aji Mpera ini mengaku, pihaknya sangat mengagumi dengan tempat dan suasana Bukit Sultan, karena, dari atas bukit ini terlihat indah ketika memandang kota bumi Nggahi Rawi Pahu.


"Saya nggak nyangka seindah ini, saya terkejut ketika memandang panorama alam yang begitu indah di atas bukit ini, dan saya yakin, semua orang pasti merasakan hal yang sama, ketika berada di atas bukit ini," seruan Aji Mpera.


Ia berharap mudah-mudahan acara tersebut menjadi satu rangkaian acara tahunan yang ditetapkan dengan peraturan, mungkin saja dalam peraturan kelurahan, peraturan bupati bahkan mungkin menjadi peraturan daerah, setelah diusulkan di Pemerintah Daerah.


"Mudah-mudahan ini menjadi sebuah agenda tahunan, katakanlah pada perayaan hari ulang tahun Dompu setiap tanggal 11 April, Insya Allah, akan kami usulkan, tempat ini untuk menjadi tempat ziarah setiap tahun oleh tokoh agama, tokoh pejabat dan tokoh agama," isyaratnya.


Sementara Lurah Kandai Satu Dedy Arsyik juga mengapresiasi dengan terlaksananya acara tersebut, dengan adanya kegiatan seperti itu tentunya memiliki sisi manfaatnya dari pada berhura-hura sehingga menimbulkan hal yang tidak diinginkan.


"Dengan kegiatan-kegiatan semacam ini merupakan bagian dari bentuk introspeksi diri, salah satunya keburukan dan hal yang tidak baik kita lakukan pada tahun 2020 sedikit menggugurkan dosa kita menuju tahun 2021 mendatang," katanya.


"Semoga di tahun yang akan datang sikat atau prilaku kita lebih baik lagi dari pada di tahun 2020," lanjut Lurah.


Lewat kesempatan itu pula, Dedy menyampaikan keluhannya kepada Kadisbudpar, terkait keberadaan Makam Sultan yang merupakan raja yang kesembilan Dompu dan Sultan pertama yang membawa islam di Dompu ini agar sekiranya dapat diperhatikan oleh Pemerintah Daerah.


"Kalau kita bandingkan dengan kabupaten kabupaten lain, keberadaan makam sultan atau raja-raja di dompu tertinggal jauh sekali dari pada kabupaten lain. Maka lewat kesempatan ini, kami berharap untuk memperbaiki atau memagar keliling dan dipercantik," pinta Dedy Arsyik. 


Pantauan Berita11.com, giat berlangaug tetap mematuhi protap Covid-19 dan lokasi Bukit Sultan dikelilingi dengan obor. 


Selamat tinggal tahun 2020 dan selamat datang tahun 2021. [B-10]