TNI-Polri Kompak, Perayaan Natal Enam Gereja di Donggo Berlangsung Aman -->

Iklan Semua Halaman

.

TNI-Polri Kompak, Perayaan Natal Enam Gereja di Donggo Berlangsung Aman

Friday, December 25, 2020
Foto Bersama Petugas yang Melaksanakan Pam Natal 2020 di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima, Jumat (25/12/2020). Foto Ist.


Bima, Berita11.com— Perayaan Natal tahun 2020 di lima gereja Desa Mbawa, Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima berlangsung aman dan damai di bawah pengamanan anggota TNI-Polri, Jumat (25/12/2020).

Danramil 1608-05/ Donggo, Kapten Inf Seninot Sribakti yang memimpin langsung pengamanan menjelaskan, Guna memberik rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melakukan perayaan misa serta Natal umat Nasrani, personil Kodim 1608/ Bima melaksanakan pengamanan gereja di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima.

Dijelaskannya, hal itu ini juga dilakukan oleh anggota Koramil 1608-05/Donggo untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang sedang melaksanakan kegiatanseperti perayaan Natal oleh umat Nasrani, yang mana hal itu sudah menjadi tugas dan tanggung jawab TNI-Polri.

Kapten Inf Seninot Sribakti menjelaskan, saat pengamanan, personil diturunkan sebanyak 25 orang dan dibantu anggota Polres serta Brimob. “Ibadah Natal diikuti jemaat kurang lebih 500 orang pada lima gereja yang ada di Kecamatan Donggo.

“Kami melaksanakan pengamanan perayaan Natal untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi Umat Nasrani yang melaksanakan ibadah,” ujarnya di sela sela kegiatannya saat ditemui oleh awak media di Donggo.

Dikatakanya, pengamanan juga dilaksanakan dengan maksimal untuk memberikan aman, nyaman dan khusyuk kepada jemaat yang sedang beribadah, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Mantan Pasi Intel Kodim 1608/ Bima ini juga mengatakan, pengamanan tersebut merupakan perintah dari pemerintah Republik Indonesia melalui TNI dan jajaran, dalam hal itu, Komandan Kodim 1608/Bima.

Pengamanan dan patroli Natal dan tahun baru 2021 juga disampaikan secara langsung oleh Komandan Kodim 1608/Bima Letkol Inf Teuku Mustafa Kamal.

“Bahwa untuk pengamanan yang di wilayah Koramil harus lebih siaga dan intens dalam kegiatannya, serta Melaporkan setiap pelaksanaannya,” ujarnya.



Pihaknya berharap masyarakat Bima, khususnya di wilayah Donggo selalu hidup bertoleransi serta menjalin kerukunan antar agama.

“Kami selalu menggelar pengamanan saat masyarakat melakukan kegiatan termasuk perayaan Natal Umat Nasrani agar kegiatan dapat berlangsung lancar dan aman,” tambahnya.

Diketahui, terdapat enam gereja di Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima yang melaksanakan ibadah Natal pada 25 Desember 2020 yaitu Gereja Santo Paulus di Dusun Mbawa Desa Mbawa, Gereja Kemah Injil di Dusun Sangari, Gereja Katolik Santo Yohanes Vianei di Dusun Tolonggeru, Gereja Katolik Santo Petrus Dusun Nggeru Kopa, Gereja Protestan di Dusun Nggarokopa Desa Palama dan Gereja Protestan Dusun Tolonggeru Desa Mbawa. [B-12]